nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Negara yang Wajib Dikunjungi Bagi Para Pencinta Keju

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018 13:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 11 298 1843453 5-negara-yang-wajib-dikunjungi-bagi-para-pencinta-keju-3PI3C5WsCR.jpg Ilustrasi (Foto: Timesofindia)

TRAVELING ke suatu negara akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan jika Anda meluangkan waktu untuk mencicipi kuliner khas lokal. Berbicara soal makanan, saat ini keju menjadi salah satu makanan yang paling diburu oleh para travelers dari seluruh dunia. Bukan tanpa sebab, kombinasi keju dan anggur ternyata dipercaya dapat membuat momen liburan Anda menjadi lebih rileks dan menyenangkan.

Penasaran, negara apa saja yang wajib Anda kunjungi untuk menikmati keju terbaik di dunia? Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Times of India, Kamis (11/1/2018).

Belanda

Negeri Kincir Angin ini ternyata memiliki sejumlah pasar tradisional yang khusus menjual keju. Mulai dari Alkmaar, Gouda, dan Edam, ketiga pasar ini selalu ramai dikunjungi para pencinta keju setiap hari, terutama pada akhir pekan. Varian kejunya pun cukup beragam, namun yang paling digemari konsumen adalah keju berwarna kuning keemasan yang juga menjadi keju andalan negara tersebut. Selain itu, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh pemerintah Belanda, setiap orang dilaporkan mengonsumsi sekitar 3 kg keju setiap tahunnya.

Afrika Selatan

Selain memiliki 15 varietas keju, Afrika Selatan juga menjadi tuan rumah bagi para produsen wine terbaik di dunia. Di negara ini, varian keju cheddar dan gouda lah yang sangat digemari penduduk setempat, karena mendapat pengaruh dari negara-negara Eropa seperti Inggris dan Belanda. Namun dalam beberapa tahun terakhir, teknik pengolahan keju khas Prancis mulai populer dan digandrungi oleh sebagian orang.

Portugal

Negara ini dikenal karena proses pembuatan keju tradisionalnya yang sangat unik. Hampir seluruh wilayah di Portugal menjadi tempat pengolahan makanan bercita rasa gurih itu. Sama seperti produk anggur mereka, setiap olahan keju yang berasal dari negara tersebut memiliki label Protected Design Origin. Sebenarnya ada 12 jenis keju yang telah ditetapkan sebagai ‘Denominacao de Origem Protegida’ (DOP), atau diproduksi dengna metode dan bahan tradisional.

Baca Juga:

Norwegia

Dari segi tekstur, rasa dan resep yang tak terhitung jumlahnya, olahan keju asal Norwegia juga dinobatkan sebagai salah satu keju terbaik di dunia. Tidak hanya itu, keju ternyata menjadi makanan paling populer di negara tersebut. Setidaknya ada 6 varian keju yang sangat digemari penduduk setempat yakni, Brunost, Gamalost, Pultost, Prim, dan Jarlsberg.

Meksiko

Meksiko merupakan rumah bagi lebih dari 40 varietas keju. Negara ini memiliki beberapa negara bagian seperti Oaxaca dan Chihuahua yang memiliki varietas keju mereka sendiri. Nah, jika Anda berkesempatan mengunjungi Meksiko, jangan lupa untuk mencicipi keju jenis queso fresco yang memiliki tekstur lembut, queso anejo dengan cita rasa asin yang khas, serta crumbly cotija dan queso panela.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini