Image

Tips Memasak Layaknya Chef Profesional, Siapkan 5 Hal Ini!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018, 20:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 11 298 1843523 tips-memasak-layaknya-chef-profesional-siapkan-5-hal-ini-cOrApHP0ww.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

JIKA selama ini Anda berpikir untuk menjadi seorang chef profesional harus membuka restoran, memamerkan atribut kebanggaan, dan hasil masakan yang mewah, Anda salah besar! Seorang chef harus menguasai berbagai teknik memasak, serta memiliki hasrat untuk terus mengeksplorasi beragam resep makanan.

Tak heran jika sebagian besar orang, rela menghabiskan waktu selama bertahun-tahun demi mempelajari teknik memasak yang baik dan benar. Hal inilah yang membedakan chef profesional dengan juru masak amatir atau rumahan.

Mereka tahu waktu yang tepat untuk menambahkan bumbu pada masakan, menyajikan makanan agar terlihat menarik, atau menyelamatkan olahan nasi yang terlanjur menjadi bubur. Lalu, apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang ‘juru masak super’? Berikut beberapa tips memasak yang disampaikan langsung oleh para chef profesional dunia. Sebagaimana dilansir dari Times of India, Kamis (11/1/2018).

Selalu pastikan pisau dalam keadaan tajam

Pisau merupakan salah satu peralatan masak paling penting yang harus dimiliki setiap chef maupun koki rumahan. Benda ini berfungsi untuk memotong berbagai jenis bahan makanan, termasuk memotong bahan yang memiliki tekstur alot sekalipun. Oleh karena itu, para chef selalu memastikan bahwa pisau mereka selalu dalam kondisi tajam. Mereka tidak akan menunggu ketajamannya berkurang, pisau akan selalu diasah setelah digunakan untuk mengolah masakan ‘berat’ atau dalam jumlah besar.

Segera keringkan pisau

Mencuci peralatan masak menggunakan tangan adalah cara terbaik untuk menjaga kualitas serta ketajamannya. Kendati demikian, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan ketika memutuskan untuk melakukan hal tersebut. Salah satunya adalah segera mengeringkan pisau agar tidak kusam dan cepat berkarat.

Baca Juga:

Cicipi makanan ketika memasak

Trik ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang chef asal India bernama Sanjeev Kumar. Dalam acaranya yang bertajuk “Khana Khazana”, ia sempat mendapat kritikan tajam karena selalu mencicipi masakannya secara langsung (live). Namun seiring berjalannya waktu, kebiasaan Sanjeev itu menjelma menjadi sebuah tren yang kini banyak dilakukan oleh para chef profesional. Menurutnya, mencicipi makanan saat memasak bertujuan untuk memastikan apakah bumbu yang digunakan sudah pas dan menyatu dengan bahan masakan lainnya.

Tambahkan garam ketika mengolah pasta

Untuk membuat sepiring pasta yang lezat, para chef biasanya akan menambahkan garam pada air rebusan. Menurut para ahli, 85% pasta di seluruh dunia dimasak di dalam air asin, dan sisanya di dalam saus.

Panggang atau sangrai bumbu rempah

Trik yang satu ini sebetulnya sudah sering dilakukan oleh para ibu rumah tangga di Indonesia. Memanggang atau menyangrai bumbu rempah-rempah dipercaya dapat meningkatkan rasa dan aroma pada masakan. Anda juga bisa menyimpannya dalam wadah kedap udara, sehingga tekstur rempah-rempah terasa renyah dan pas untuk digunakan sebagai topping.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini