Image

Tips Ampuh Menyimpan Jamur agar Tahan Lama & Tidak Cepat Berlendir

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018, 05:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 11 298 1843635 tips-ampuh-menyimpan-jamur-agar-tahan-lama-tidak-cepat-berlendir-IxwpR6Lr4w.jpg Cara simpan jamur agar tahan lama (Foto:Boldsky)

JAMUR merupakan salah satu sayuran yang memiliki tekstur lembut dan rentan terkontaminasi kuman penyakit. Jika tidak disimpan dengan baik, sayuran ini akan menjadi kotor,berlendir, hingga mengeluarkan aroma tak sedap. Itulah sebabnya Anda harus mengetahui beberapa trik praktis menyimpan jamur agar terhindari hal-hal tersebut.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa produk jamur yang Anda beli di supermarket, masih dalam keadaan baik dan segar. Perlu diketahui, warna tidak selalu menjadi indikator dalam menentukan kualitas jamur, mengingat banyak sekali jenis jamur dengan warna yang berbeda-beda. Sebagai gantinya, Anda harus memeriksa struktur dan tekstur jamur.

Para ahli di Cook's Illustrated merekomendasikan untuk membeli jamur yang masih dalam keadaan utuh, tanpa adanya indikasi perubahan warna, atau tekstur kulit yang mulai mengering atau 'keriput'. Jangan ragu-ragu menyentuh jamur untuk memastikan bahwa teksturnya lembab dan tidak berlendir.

BACA JUGA:

Makin Bervariasi, Bakso Makin Menggoyang Lidah

Langkah selanjutnya dan yang paling penting adalah menyimpan jamur dengan baik. Anda harus memastikan jamur dapat 'bernafas' agar tekstur dan kesegarannya terjaga. "Penyimpanan dalam wadah kedap udara atau kantong plastik akan menyebabkan pembusukan yang sangat cepat," tutur sejumlah orang dari Giorgio.

Hal serupa juga diakui oleh seorang ahli jamur bernama McGee. Ia mengatakan, "Jamur harus disimpan dalam wadah berudara dan tidak terlalu sempit untuk menghindari kelembapan yang dapat mendorong pembusukan." McGee menyarankan untuk mencuci jamur lalu mengeringkannya dengan paper towel sebelum dimasukkan ke wadah penyimpanan. Cara ini dipercaya ampuh untuk mengurangi kelembapan udara.

BACA JUGA:

Makin Bervariasi, Bakso Makin Menggoyang Lidah

Lalu bagaimana cara terbaik untuk menyimpan jamur? Secara garis besar, Anda bisa menggunakan kemasan asli dari supermarket, karena pada dasarnya kantung yang mereka sediakan sudah dirancang khusus untuk memberikan aliran udara. Anda juga dapat menyimpan jamur di kantung kertas dan pastikan bagian atasnya memiliki lubang sebagai sirkulasi udara. Setelah itu, segera masukkan jamur ke dalam kulkas karena jamur tidak bisa membuka dengan baik. Jadi, jika Anda belum benar-benar hendak mengolahnya, jangan pernah membuka wadah tempat Anda menyimpan jamur. Demikian dilansir dari Food & Wine, Jumat (11/1/2018).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini