nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Maskapai Penerbangan Ini Usir Seorang Ibu karena Menyusui di Dalam Pesawat!

Vessy Frizona, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018 06:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 11 406 1843277 wah-maskapai-penerbangan-ini-usir-seorang-ibu-karena-menyusui-di-dalam-pesawat-PB2ZkoG04x.jpg Spirit Airlines (Foto: Newscom)

Beberapa waktu lalu sempat tersiar kabar yang menjadi viral tentang seorang ibu yang diusir dari pesawat akibat menyusui bayinya. 

Wanita itu adalah Mei Rui seorang pakar kanker asal Houston, Texas. Sekitar satu bulan lalu, saat ia akan melakukan penerbangan menuju New York untuk melakukan riset seputar kanker dengan menggunakan pesawat Spirit Airlines, tiba-tiba pramugari mendatanginya meminta untuk berhenti menyusui bayinya yang berusia 2 tahun.

Seperti dilansir The Washington Post, Kamis (11/1/2018) petugas pesawat memberi tahu bahwa Mei telah melanggar aturan karena membuat gaduh di pesawat dan mengganggu kenyamanan penumpang lainnya. Mei yang pergi ditemani orangtuanya yang sudah uzur meminta penjelasan peraturan mana yang ia langgar, namun petugas pesawat tidak menjelaskan secara rinci.

Mei pun marah karena menurutnya ia menyusui bayinya ketika pesawat belum lepas landas. Saat itu pintu pesawat masih terbuka karena menunggu penumpang lainnya masuk.

“Saya akan berhenti menyusui jika pintu sudah ditutup,” cetus Mei.

Menurutnya, ia menyusui bayinya hanya untuk menenangkan sang bayi karena sudah hampir tiga jam penerbangan tertunda. Wajar saja jika bayi rewel ketika menunggu dan pengumuman lewat pengeras suara membuat bayinya terkejut.

Namun, awak kabin sepertinya tidak mau bertoleransi. Mereka memaksa Mei turun beberapa sebelum lepas landas. Akhirnya ia digiring ke luar dan pihak maskapai berjanji akan mengembalikan utuh uangnya.

Dari peristiwa ini, Familyshare, menerangkan bahwa berdasarkan informasi yang dihimpun dari situs resmi maskapai penerbangan tersebut, anak-anak berusia antara tujuh hari sampai dua tahun dapat naik pesawat dengan duduk di pangkuan orangtua (atau seseorang yang berusia minimal 15 tahun) (dengan bukti usia). Jadi mengapa ibu ini tidak bisa terus menyusui bayinya?

Kemudian, terkait menyusui di depan umum, hampir 50 negara bagian memiliki undang-undang yang melindungi ibu-ibu yang memilih menyusui di depan umum baik, ditutup atau tidak. Menurut Huffington Post, pada dasarnya, jika seorang ibu memiliki hak berada di sana bersama bayinya, dia dilindungi undang-undang untuk menyusui bayinya di sana dan tidak perlu bersembunyi di kamar mandi yang kotor.

Dari contoh kasus kejadian ini, sebaiknya pihak Mei meminta bantuan hukum untuk meminta bantuan menyelesaikan kasusnya. Selain itu, sebelum melakukan perjalanan membawa bayi, cobalah mempelajari aturan penerbangan jika membawa anak agar ibu punya argumentasi ketika mengalami kejadian serupa.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini