Image

Pulau Liangliang, Pantai Curam Berbatu yang Memikat di Sulawesi Selatan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018, 15:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 11 406 1843477 pulau-liangliang-pantai-curam-berbatu-yang-memikat-di-sulawesi-selatan-YjNdtNtjN9.jpg Pantai di Pulau Liangliang (Foto: vanakbar4884/Twitter)

PULAU Liangliang berada di Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan. Nama pulau ini masih cukup asing terdengar di kalangan traveler. Padahal, Pulau Liangliang memiliki pesona yang tidak akan Anda temui di pulau lainnya.

Di sekitar Pulau Liangliang terdapat beberapa gugusan pulau lainnya, seperti Pulau Burungloe, Pulau Sulawesi tepatnya Kabupaten Sinjai dan sebelah selatan terdapat kawasan Teluk Bone. Mengutip dari laman resmi Direktori Pulau-Pulau Kecil Indonesia, Kamis (11/1/2018), Pulau Liangliang memiliki tingkat kemiringan sekira 30 derajat, tidak memiliki hamparan pantai, dan hanya ada pantai curam berbatu. Tapi bukan berarti Pulau Liangliang tidak memiliki keistimewaan untuk dikunjungi.

Pulau Liangliang memiliki terumbu karang yang cukup beragam berada di kedalaman sekira 2-6 meter. Jenis karang yang tumbuh di bawah perairannya bermacam-macam, mulai dari karang Acropora maupun non Acropora. Sementara, jenis ikan terumbu yang berhasil diamati di bagian barat Pulau Liangliang ada sebanyak 27 jenis berasal dari 10 famili berbeda. Sayangnya, hingga saat ini sektor pariwisata di Pulau Liangliang kurang dikembangkan, padahal ada sebuah pantai dengan bebatuan yang eksotis.

(Baca Juga: Lembah Bakara, Ketika Pesona Alam Bersanding dengan Warisan Masa Lalu)

Tidak hanya itu saja, Pulau Liangliang juga memiliki kawasan hutan alami yang ditumbuhi berbagai macam jenis pohon. Ada sekira 90 persen dari wilayah pulau merupakan kawasan hutan, yang dimulai dari batas perkampungan nelayan sampai ke arah bukit.

(Foto: vanakbar4884/Twitter)

Perlu para traveler ketahui juga, bentangan alam pulau yang berbatu dan miring seperti gunung membuat pulau ini tidak terlalu berpotensi ditanami tumbuhan, maka warga pun jarang ada yang memanfaatkannya. Untuk itu, ketika Anda mengunjungi Pulau Liangliang, pemandangan utamanya ialah pantai berbatu yang eksotis dan kegiatan sehari-hari para nelayan.

(Baca Juga: Hotel Bertema Game of Thrones Kini Ada di Finlandia)

Bagi traveler yang berminat datang melancong ke Pulau Liangliang, datanglah ke pulau ini kapan saja kecuali musim hujan, karena air akan berwarna lebih keruh. Traveler pun tidak perlu khawatir lagi soal sarana dan prasarana Pulau Liangliang, karena sudah cukup lengkap, ada sebuah puskesmas pembantu, sebuah masjid, masyarakat lokal juga menggunakan air tadah hujan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sementara untuk keperluan mandi, mencuci, dan aktivitas MCK, masyarakat menggunakan air sumur. Sedangkan untuk dikonsumsi biasanya masyarakat membeli air tawar yang didatangkan dari Kabupaten Sinjai.

Sarana transportasi yang bisa digunakan para traveler pun cukup mudah, Anda bisa menggunakan speed boat atau menyewa kapal nelayan. Sementara untuk menjelajahi Pulau Liangliang traveler bisa berjalan kaki di jalan setapak yang terdapat di perkampungan yang masih cukup bagus.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini