Risiko Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita Hamil Meningkat, Ini Penyebabnya!

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018 19:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 11 481 1843579 risiko-infeksi-saluran-kemih-pada-wanita-hamil-meningkat-ini-penyebabnya-KTHfwlUU4r.jpg Ibu hamil (Foto: Popsugar)

INFEKSI saluran kemih pada wanita hamil meningkat risikonya. Anda harus sering mengontrol dan kenali penyebabnya agar bisa dicegah.

Pemicu utama yang paling sering dialami saat menderita infeksi saluran kemih yakni seringnya menahan kencing. Sayangnya, wanita hamil tidak pernah menyadari dampak dari masalah kesehatan seperti itu.

BACA JUGA:

Dijelaskan lebih lanjut oleh Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr John Arianto Sondakh SpOG MKes dari Brawijaya Hospital Bojongsari Depok, ada banyak penyebab infeksi saluran kemih yang dialami oleh ibu. Selain karena pengaruh hormonal, penyebab lainnya yakni dari kebiasaan sehari-hari yang dilakukan oleh wanita hamil.

"Selama hamil, rahimnya semakin lama membesar dan menekan kantung kencing. Akhirnya keluhannya jadi ingin kencing, lalu ditahan dan sebabkan infeksi," ujar dr John saat ditemui di Bojongsari, Depok, Kamis (11/1/2018).

Karena terlalu sering menahan kencing, tambahnya, bisa meningkatkan risiko infeksi saluran kemih. Karena saluran kencing wanita juga lebih pendek daripada pria. Maka, tak sedikit wanita hamil mengeluhkan hal itu.

Sementara itu, jika ibu hamil mengalaminya infeksi saluran kemih menunjukkan gejala yang tak nyaman. dr John menyebutkan, wanita hamil akan mengeluh anyang-anyangan, nyeri saat kencing, nyeri perut di bagian bawah, pinggang terasa sakit, lalu disertai dengan demam.

Tentu hal ini dapat dicegah supaya tidak membahayakan. Caranya yakni Anda bisa menjaga kebersihan genital, jangan menahan kencing, serta usahakan celana dalam tidak membuat area Miss V lembap .

Setiap hari wanita harus menjaga kebersihan organ intimnya agar terbebas dari infeksi saluran kemih. Bahayanya dapat sebabkan bayi kekurangan oksigen akibat pecah ketuban.

Janin dalam kandungan ibu dengan infeksi saluran kemih juga rentan kehilangan nyawa. Maka, hal tersebut harus dicegah karena sangat disayangkan.

BACA JUGA:

"Pencegahan sangat penting dilakukan, karena area kewanitaan sangat sensitif dan mudah jadi tempat berkembangbiaknya bakteri," pungkasnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini