nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Infeksi Saluran Kemih Sering Sebabkan Ibu Hamil Pecah Ketuban

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018 17:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 11 481 1843593 infeksi-saluran-kemih-sering-sebabkan-ibu-hamil-pecah-ketuban-AtguHcc6sg.jpg Infeksi saluran kemih bisa picu air ketuban pecah (Foto:Ilustrasi/Electrahealth)

AIR  ketuban sangat berharga bagi bayi dalam kandungan. Tanpa itu, janin kehilangan nyawa dan tidak berkembang.

Ada banyak penyebab yang memicu pecahnya air ketuban. Namun, ibu hamil tidak semua menyadari kejadian ini. Padahal bisa dicegah sejak usia kehamilan masih muda.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr John Arianto Sondakh SpOG MKes mengatakan, ibu hamil tanpa sadar mengalami pecah ketuban sebelum waktunya. Risikonya jelas meningkatkan risiko bayi lahir prematur.

BACA JUGA:

Kuasai Banyak Bahasa Asing Ternyata Turunkan Potensi Terkena Demensia

"Ketuban pecah sebelum waktunya disebabkan karena banyak kasus. Paling sering ibu hamil mengalami infeksi saluran kemih," ungkap dr John usia Peresmian Brawijaya Hospital Bojongsari, Depok, Kamis (11/1/2018).

Pada dasarnya, infeksi saluran kemih pada saat hamil meningkat pada wanita. Kalau sudah mengalami gangguan penyakit itu, wanita harus waspada.

Selain infeksi kemih, wanita yang mengalami ketuban pecah dini disebabkan karena masalah pada gigi. Itu diistilahkan dengan periodontitis, yang juga dikhawatirkan ahli obgyn.

Gigi berlubang misalnya, seorang ibu hamil harus mencegah agar tidak memicu hal buruk pada kehamilannya. Sebab, banyak masalah gigi berlubang pada ibu hamil sejak lama.

 BACA JUGA:

Deteksi Dini Kanker Paru Bisa Dilakukan Menggunakan Balon Karet

"Maka penting sekali selama hamil, wanita cek kesehatan secara menyeluruh. Dari mulai kesehatan gigi, masalah infeksi saluran kemih dan beberapa faktor lainnya," tambahnya.

Belum lagi kalau seorang ibu mengalami pre-eklamsia atau tekanan darah tinggi semasa hamil. Tak hanya janin yang terancam, ibunya pun demikian.

Selain membuat bayi lahir prematur, ibu hamil yang terkena masalah kesehatan tersebut bisa melahirkan bayi dengan kondisi meninggal dunia. Semua orangtua tak menginginkan hal ini saat menantikan kehadiran bayi dalam keluarga kecilnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini