nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komunitas Berjiwa Mulia Selamatkan Nyawa Anjing Liar dalam Bahaya

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 14 Januari 2018 09:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 12 196 1844026 komunitas-berjiwa-mulia-selamatkan-nyawa-anjing-liar-dalam-bahaya-jSHWJL64dC.jpg Ilustrasi (Foto: Cynhite)

JANGAN sekedar merawat anjing kesayangan di rumah meski sudah banyak ilmunya. Para pencinta hewan setia ini sangat penting mengikuti kegiatan dalam sebuah komunitas.

Lebih istimewanya lagi, setiap pencinta anjing punya hati mulia mencari anjing-anjing terlantar di satu wilayah. Jiwa mereka baik yakni dengan menyelamatkan anjing yang berkeliaran.

Kegiatan rescue istilahnya, kerap dilangsungkan oleh banyak komunitas yang mencintai anjing-anjing menyenangkan. Misi mereka patut diacungi jempol saat ingin menyelamatkan nyawa anjing dari ancaman bahaya.

Animal Deffender juga Pejaten Shelter, serta deretan pencinta anjing lain yang kerap menyelematkan nyawa binatang peliharaan saat dalam bahaya. Mereka memberikan fasilitas rumah singgah untuk anjing-anjing liar.

"Terpenting, kegiatan rescue dilakukan berdasarkan permintaan dan perjanjian dengan masyarakat," ujar Pencinta Anjing Alam saat dihubungi Okezone.

(Baca Juga: Punya Panorama Memikat, Indonesia Timur Mendominasi Rute Penerbangan Baru Maskapai di 2018)

Dengan kegiatan rescue, hubungan nggota perkumpulan anjing yang unik itu menjadi sangat erat. Misinya sama, yakni ingin menyelamatkan anjing sekarat, anjing tak berdaya, lemah dan masalah lain. Kegiatan sering dilakukan di kawasan rumah penduduk dan jalan raya.

Usai rescue, mereka punya kegiatan menarik yakni adopsi anjing, gratis! Asalkan mereka berjanji akan merawat anjing-anjing liar setulus hati.

(Baca Juga: Sederet Perilaku Penumpang, Nomer 1 yang Paling Menjengkelkan)

Jika tak ada rescue, mereka tetap berkumpul untuk berbagi pengalaman dalam merawat banyak jenis anjing.

Kedekatan majikan, terlebih binatangnya sendiri juga sangat erat. Tak heran, setiap seminggu sekali di akhir pekan, mereka semua berkumpul di alam bebas untuk saling bercerita.

Apalagi anjing salah satu jenis binatang peliharaan setia dan patuh dengan majikan. Alih-alih, jika punya hewan lain, kucing misalnya, bisa diajarkan caranya menyayangi sepenuh hati agar tak bertengkar.

"Kalau sudah sharing pasti tambah seru. Ada kegiatan lainnya yang mempererat keakraban," bebernya.

(Baca Juga: Tren Makanan Sehat 2018, Mulai Olahan Daun Kelor hingga Makan Serangga)

Lebih menguntungkan lagi, jika musim kawin sesama majikan berkumpul untuk mencari jodoh untuk binatangnya dengan batas wajar. Hal ini sudah pasti menyenangkan dan jadi agenda wajib mingguan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini