nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berkenalan dengan Biji Ketapang SF, Komunitas Pencinta Burung Lovebird

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 14 Januari 2018 08:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 12 196 1844089 berkenalan-dengan-biji-ketapang-sf-komunitas-pencinta-burung-lovebird-eTl76vwdIh.jpg Lovebird (Foto: Wikimedia)

SEBUAH komunitas tentunya akan menjadi tempat bagi siapapun yang memiliki ketertarikan yang sama pada suatu hal. Adanya komunitas juga banyak dijadikan sebagai tempat silaturhami sosial yang menguntungkan satu sama lainnya.

Komunitas pencinta hewan sepertinya menjadi suatu tren belakangan ini. Tak sedikit dari mereka yang membentuk komunitas itu dengan dasar ketertarikan pada hewan peliharaan yang sama. Seperti yang dilakukan para anggota Komunitas Biji Ketapang SF.

Komunitas ini merupakan komunitas pencinta burung Lovebird yang sudah cukup terkenal di Tangerang Selatan. Meski belum begitu besar, tetapi komunitas ini ternyata sudah beberapa kali memenangkan turnamen kicau burung maupun performa burung itu sendiri.

Dijelaskan Taufik, pendiri Biji Ketapang SF, komunitas ini terbentuk benar-benar karena kecintaan masyarakat akan burung Lovebird yang cantik. Taufik menjelaskan, terkait dengan namanya sendiri, itu diambil dari nama suatu jalan.

“Biji Ketapang SF itu terbentuk karena semua anggotanya berada di alamat Jalan Biji Ketapang, daripada susah-susah cari nama, akhirnya kita memutuskan untuk menggunakan nama tersebut. Lagipula, nama itu cukup unik jika dilafalkan, jadinya orang-orang gampang inget sama kita,” terang Taufik pada Okezone saat diwawancarai melalui WhatsApp, Kamis (11/1/2018).

Taufik melanjutkan, bicara mengenai jumlah anggota, ternyata komunitas ini cukup selektif dalam menjaring anggotanya. Sampai sekarang saja, anggota Biji Ketapang hanya 10 orang. Bukannya tanpa sebab, untuk maksud keintiman antar anggota, dirasa mereka yang berada di sekitar lingkungan, akan membuat komunitas semakin kuat.

Lalu, bicara kompetisi burung, ternyata komunitas ini pun tidak kalah tertinggal dari komunitas burung lainnya. Khusus di cabang baby Lovebird, ternyata komunitas ini selalu menjadi favoritnya. “Ya, alhamdulilah kalau kompetisi kita selalu ikutan dan untuk baby Lovebird kita selalu menang,” ungkapnya bangga.

Turnamennya sendiri biasanya dilakukan di Lapangan Bintaro BC. Letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi basecamp mereka. Bicara sedikit mengenai kompetisi, ternyata untuk kelas baby lovebird, ternyata ada hal yang tidak bisa didapatkan komunitas lain. Ya, bisa dibilang kelas itu yang cukup sulit untuk dimenangkan. Jadi, ada rasa kebanggaan tersendiri menjadi langganan pemenang.

Sementara itu, mengenai tujuan aweal terbentuknya komunitas ini, Taufik dengan tegas menjealskan bahwa Biji Ketapang SF dibentuk untuk mengumpulkan para pencinta burung Lovebird dan dengan hobi yang sama, antar anggota bisa belajar hal yang baru.

Untuk harapannya sendiri, Taufik mengungkapkan bahwa setiap anggota bisa terus menghargai hewan dengan cinta kasihnya. Tak hanya itu, dengan memelajari hal yang baru setiap harinya, itu menjadi ladang amal bagi setiap makhluk hidup.

“Kita juga nggak munafik kalau di komunitas ini ingin menghasilkan uang dari hobi. Makanya, kami selalu sharing mengenai usaha dan juga cara merawat burung khas ini,” tambahnya.

Sedikit informasi, Taufik juga menambahkan kalau ingin mulai gabung pada suatu komunitas, setidaknya Anda mesti cinta dulu dengan hewan apapun. Jangan langsung melihatnya dari segi finansialnya saja. “Rasa cinta kita pada hewan akan membuat hewan etrsebut pun sayang sama kita. Kalau sudah begitu, tentunya aka nada manfaat lain yang Anda rasakan. Tidak serta merta cuma mau pelihara burung karena bakal bisa dijual kembali,” tuturnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini