nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Ini Bisa Jadi Acuan Anda Peduli terhadap Hewan di Bumi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 14 Januari 2018 15:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 12 196 1844104 5-cara-ini-bisa-jadi-acuan-anda-peduli-terhadap-hewan-di-bumi-PpKYKySUqM.jpg Ilustrasi (Foto: Worldjourneys)

APAKAH Anda termasuk dari manusia pencinta hewan? Jika iya, sudah sepatutnya Anda mulai menyebarkan virus cinta kasih itu ke manusia lain. Banyak caranya, salah satunya adalah memberinya pengahaman untuk mau peduli dengan hewan sama seperti Anda.

Bicara memberitahu seseorang akan kebaikan, kadang dianggap sesuatu yang kurang etis. Banyak dari mereka yang kemudian akan membicarakan hak untuk hidup dan keprivasian dalam berkehidupan.

Tapi, tidak ada salahnya untuk tetap memberikan pemahaman kepada manusia lain agar mereka bisa juga sayang dan peduli dengan hewan, sama seperti mereka juga hormat dan menjaga manusia lain. Khusus pada Okezone, Volunter WWF Indonesia Nur Arinta coba menjabarkan 5 poin utama bagaimana caranya agar Anda semua mau ikut peduli terhadap hewan. Berikut paparannya

1. Membiarkan semua hewan hidup di alamnya dan menjalankan peran ekologisnya.

Menurut perempuan yang biasa disapa Tata itu, selama ini banyak orang yang salah kaprah dalam menerjemahkan rasa sayang mereka dengan binatang. Mereka berpikir, jika mereka memelihara hewan, mengurusnya, memberinya makan, itu adalah bentuk kepedulian mereka kepada hewan. Tapi hal itu adalah hal yang salah.

Satwa liar memiliki hak untuk hidup bebas dan menjalankan peran ekologisnya sendiri. Jika Anda memelihara satwa liar, mereka akan kehilangan insting liar mereka, lho. Dan itu buruk! Kenapa? Karena, jika sewaktu-waktu mereka kembali dilepas di alam, potensi kematian mereka akan semakin tinggi. Mengerikan, bukan?

2. Jangan sakiti hewan

“Sama halnya dengan manusia, hewan juga memiliki rasa sakit. Tidak hanya sakit fisik, tapi hewan juga bisa memiliki penyakit mental,” terang Tata, melalui pesan singkat, Selasa (9/1/2018). Hal yang paling parah adalah jika satwa sudah stres berat, ini akan meningkatkan angka potensi kematian yang cukup drastis.

Mungkin, bagi Anda ini hal sepele, seperti jika ada orang memelihara ular kemudian membiarkan ular itu dipegang-pegang dengan orang, dimasukkan ke kantong dalam waktu yang lama. Padahal, tindakan itu akan meningkatkan tingkat stres ular tersebut sangat cepat. Begitu juga dengan hewan lain. Kesejahteraan dan ketentraman hidup hewan harus diperhatikan kembali agar mereka tidak stres dan bisa hidup dengan damai.

3. Beri hewan ruang hidup dan jangan rusak habitatnya.

Semua satwa membutuhkan ruang gerak dan berhak memiliki habitat. Anda bisa menunjukan kepedulian pada hewan dengan cara menjaga habitat mereka. “Ibarat manusia, habitat adalah rumah mereka. Biarkan mereka hidup di rumahnya dengan damai, ya,” tambah Tata.

4. Dukung program-program kesejahteraan satwa, termasuk penolakan sirkus satwa

Menurut Tata, mendukung program konservasi satwa liar dan habitatnya, serta melakukan pola hidup ramah lingkungan itu cukup bisa berdampak bagi bagi kehidupan hewan. Mengapa Anda perlu melakukan pola hidup ramah lingkungan? Secara tidak sadar banyak produk yang Anda konsumsi memiliki keterkaitan dengan satwa-satwa yang jauh di sana. Mulailah menjadi konsumen yang bijak dan mulai memperhatikan produk yang bersertifikat berkelanjutan (sustainable) seperti FSC untuk produk hasil hutan, dan RSPO dan ISPO untuk produk berbahan dasar kelapa sawit

Selain itu, kalau bisa kurangi konsumsi dan produksi sampah plastik, ya! Olahan sampah plastik yang Anda hasilkan, ternyata secara tidak sadar menimbulkan kerugian pada kehidupan satwa. Banyak penyu dan ikan di laut yang mati akibat banyaknya memakan sampah plastik. Selain itu, ikan-ikan yang Anda makan ternyata mengandung mikro plastik di tubuhnya. Saat Anda makan itu, secara tidak langsung Anda memakan plastiknya juga. So, mulailah menjadi orang yang bijak terhadap sampah plastik!

5. Sosialisasikan nilai-nilai cinta makhluk hidup kepada lingkungan sekitar

Banyaknya orang yang belum peduli terhadap kesejahteraan satwa, biasanya didasarkan pada belum taunya mereka terhadap keterikatan pada satwa yang ada di habitatnya seperti di hutan dan laut. Cara peduli lainnya yang bisa Anda lakukan seperti mengikuti seminar atau workshop tentang kesejahteraan satwa, dan jika Anda sudah tahu, tugas selanjunya adalah menyebarkan nilai positif tersebut. Sederhananya, jadilah manusia seutuhnya agar Anda bisa peduli dengan satwa.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini