nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komunitas Pencinta Kucing Medan Ajak Masyarakat Setop Kekerasan pada Kucing Jalanan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018 08:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 12 196 1844153 komunitas-pencinta-kucing-medan-ajak-masyarakat-setop-kekerasan-pada-kucing-jalanan-8C0ABADx0l.jpg Ilustrasi (Foto: Thespruce)

KOMUNITAS pencinta kucing kini mulai bermunculan seiring dengan bertambahnya masyarakat yang peduli terhadap kehidupan kucing. Perkumpulan masyarakat pencinta kucing yang ada di Indonesia salah satunya, yaitu Komunitas Pecinta Kucing Medan atau yang disingkat KPK Medan.

Perkumpulan pencinta kucing yang berdomisili di Kota Medan, Sumatera Utara tersebut, merupakan tempat berkumpulnya para pencinta dan penyayang kucing dari berbagai daerah di Sumatera Utara, sesuai dengan daerah domisili didirikannya komunitas. Dengan niat ingin mengentaskan beragam permasalahan seputar kucing yang sering ditemui di kalangan masyarakat, maka dibuatlah Komunitas Pecinta Kucing Medan (KPK-M) ini pada Mei 2012.

Meskipun tidak sedikit masalah dan halangan yang menghadang selama Komunitas Pecinta Kucing Medan berdiri, para pendiri komunitas tetap optimis untuk terus ada di tengah-tengah masyarakat. Banyak anggota yang keluar-masuk, kesalahpahaman, hingga perbedaan pendapat yang terjadi antar anggota komunitas membuat Komunitas Pecinta Kucing Medan sempat vakum sejenak. Namun, kevakuman tersebut tidak terjadi selamanya, sebab pada 2015, KPK-Medan kembali aktif dan beraksi dengan pemikiran serta kepedulian lebih tinggi.

(Foto: Komunitas Pecinta Kucing Medan)

Beragam kegiatan dan aksi kepedulian pernah dan akan terus dilakukan oleh Komunitas Pecinta Kucing Medan. Kegiatan tersebut berupa temu kumpul dengan anggota komunitas bersama kucingnya, pertemuan yang dilakukan ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan sifat, kebiasaan, dan hal yang tidak boleh dilakukan terhadap kucing, sharing informasi ini juga ditujukan pada masyarakat. Selain itu, komunitas juga aktif membagikan informasi seputar kesehatan, kendala, cara perawatan, dan penyakit kucing pada anggota komunitas dan masyarakat.

Tidak hanya itu saja, Komunitas Pecinta Kucing Medan juga aktif dalam memberikan pakan pada kucing-kucing kampung liar. Kegiatan seperti ini rutin dilakukan oleh anggota komunitas agar kucing-kucing kampung liar bisa merasakan nikmatnya makanan kucing yang layak, bukan hanya sampah dari sisa makanan manusia.

“Kalau untuk lokasi yang sering untuk street feeding, pertama Komplek Universitas Sumatera Utara, Komplek Universitas Negeri medan, lalu sekitaran pusat Kota Medan dan fokus di sekitaran Lapangan Merdeka, dan Street Feeding melalui Google Maps yang masih dalam tahap percobaan,” ungkap Shandy Lubis, Ketua Komunitas Pecinta Kucing Medan, dalam pesan singkatnya pada Okezone.

(Foto: Komunitas Pecinta Kucing Medan)

Selain melakukan aksi street feeding, Komunitas Pecinta Kucing Medan juga melakukan vaksin hemat bersama, dan aktif menyelamatkan kucing-kucing kampung yang membutuhkan pertolongan. Sudah sekira dua tahun lebih Komunitas Pecinta Kucing Medan melakukan aksi penyelamatan ini.

Dengan hadirnya Shandy dan teman-teman dari komunitas, seharusnya masyarakat tidak lagi melakukan kekerasan terhadap binatang khususnya kucing kampung yang banyak berkeliaran di pemukiman. Bila Anda tidak suka dengan keberadaan kucing, maka bukan berarti Anda memiliki kewenangan untuk menyiksa kucing, bila tidak berminat membagi makanan, maka bukan berarti Anda berhak memukul atau menendang kucing.

“Intinya jangan menyakiti kucing dan stop kekerasan pada kucing kampung atau kucing jalanan,” imbau Shandy yang ditujukan pada masyarakat Indonesia.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini