nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Hanya Bisa Beli, Ini Tips Pelihara Hewan di Rumah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018 07:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 12 196 1844155 jangan-hanya-bisa-beli-ini-tips-pelihara-hewan-di-rumah-S5OsDgLKfY.jpg Cara memilihara hewan di rumah (Foto:Ist)

 

MENURUT para ahli, memelihara hewan di rumah dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan baik dari segi psikologis maupun kesehatan. Dengan memelihara hewan, Anda juga bisa berlatih untuk lebih bertanggung jawab.

Namun sayangnya, bagi sebagian orang memelihara hewan di rumah sangatlah merepotkan, menyita waktu, dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tetapi jika Anda termasuk dalam kategori pencinta binatang, hal tersebut tentunya tidak akan menjadi masalah.

Nah, jika dalam waktu dekat ini Anda berencana mengadopsi seekor anjing, kucing, atau hewan peliharaan lainnya, simak dulu tips merawat hewan peliharaan yang baik dan benar, seperti dilansir Okezone dari berbagai sumber.

BACA JUGA:

Tak Usah Takut Toksoplasma, Pelihara Kucing Bagus untuk Kesehatan Lho!

 

Berikan kandang khusus

Jika Anda ingin memelihara hewan di dalam rumah, tentu ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Salah satunya menyediakan kandang khusus untuk hewan peliharaan Anda. Fungsi kandang sendiri sebetulnya untuk mempermudah hewan beristirahat, atau ketika mereka ingin membuang kotoran. Idealnya kandang diletakkan di tempat yang jauh dari kebisingan. Tujuannya agar hewan peliharaan Anda tidak mudah stres. Selain itu, pastikan kandang dibangung menggunakan bahan alami yang tidak akan membahayakan mereka, misalnya terbuat dari kayu.

 

Bersihkan kandang secara rutin

Kebersihan kandang juga menjadi hal terpenting yang harus Anda perhatikan. Pasalnya, kandang yang penuh dengan kotoran akan mempengaruhi kesehatan hewan itu sendiri, dan terkadang bisa menularkan virus penyakit ke seluruh isi rumah. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa membersihkan kandang secara rutin, setidaknya 1 minggu sekali. Namun, sesuaikan terlebih dahulu dengan hewan yang Anda pelihara.

 

Beri makanan dan minuman yang cukup

Ketika Anda memutuskan memelihara hewan, Anda harus bertanggung jawab untuk memberikan makanan dan minuman secara rutin. Ini sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh dan kesehatan mereka. Tidak hanya itu, pastikan makanan memiliki gizi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Jangan sembarangan memberi makanan. Pasalnya, beberapa jenis hewan sangat rentan ketika diberi makanan tertentu. Sebagai contoh, Anda tidak boleh memberi cokelat kepada anjing, mengingat makanan tersebut mengandung kafein dan theobromine yang sangat tinggi. Menurut para ahli, kandungan tersebut dapat mengakibatkan anjing muntah-muntah, dehidrasi, sakit perut, kejang, hingga berujung pada kematian.

BACA JUGA:

Terungkap, Kucing Peliharan Paling Cocok untuk Generasi Milenials

 

Perhatikan kondisi hewan

Pastikan hewan Anda selalu dalam keadaan sehat dan tidak menunjukkan hal-hal yang janggal. Tidak ada salahnya membawa mereka ke dokter hewan untuk mengecek kesehatannya. Anda bisa melakukan hal tersebut secara berkala atau minimal 3 bulan sekali. Selain itu, berikan juga vaksinasi agar hewan terhindari dari penyakit berbahaya.

 

Ajak bermain

Sama seperti manusia, hewan juga dapat mengalami stres. Untuk menghindari hal tersebut, ajaklah mereka jalan-jalan di sekitar rumah atau sekadar bermain dengan mainan favorit mereka. Cara ini dapat meningkatkan keakraban hewan dengan majikannya.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini