nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Swiss Keluarkan Larangan Merebus Lobster Hidup-Hidup

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 14:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 12 298 1844009 swiss-keluarkan-larangan-merebus-lobster-hidup-hidup-qjRVaXj49i.jpg Swiss mengeluarkan larangan merebus lobster hidup-hidup (Foto:Ist)

 

MAKANAN laut atau seafood memang paling asyik dan nikmat jika disantap dalam keadaan segar, atau dengan kata lain langsung diolah begitu ditangkap atau diambil dari air.

Maka dari itulah, banyak restoran yang menyajikan aneka hidangan seafood fresh kepada para pelanggannya, di mana aneka seafood misalnya seperti ikan, udang, lobster langsung direbus hidup-hidup.

Akan tetapi, tindakan untuk langsung merebus hidup-hidup seafood ini ternyata jadi hal yang dinilai serius oleh pemerintah Swiss. Lewat sebuah peraturan yang baru saja dikeluarkan, pemerintah Swiss mencoba untuk memberhentikan tindakan kekejaman terhadap hewan, salah satunya lobster.

BACA JUGA:

Lezatnya Kue Pasutri hingga Lepet Jagung, Jajanan Pasar untuk Dessert Selepas Makan Siang

Pasalnya, seperti diwarta Thedailymeal, Jumat (12/1/2018) pemerintah Swiss baru saja disebutkan mengeluarkan pelarangan untuk langsung memasukkan lobster hidup-hidup ke air rebusan yang mendidih.

"Lobsters harus tidak sadar dulu sebelum direbus dan mati. Memasukkan lobster- hidup-hidup ke dalam air rebusan yang mendidih, yang di mana bisanya jadi hal yang biasa dilakukan di banyak restoran, mulai per 1 Maret 2018 tidak lagi diizinkan," bunyi peraturan yang dikeluarkan pemerintah Swiss, seperti dilapor The Guardian.

Dijelaskan lebih lanjut, langkah ini diambil oleh pemerintah Swiss, setelah beberapa ilmuwan dan aktivis hak-hak binatang mengklaim bahwa hewan lobster, udang-udangan ini (crustaceans) memiliki sistem saraf yang canggih, sehingga dapat merasakan rasa sakit yang fenomenal saat direbus hidup-hidup. Penulis dan peneliti dari London, Jonathan Birch mengatakan bahwa proses pembunuhan ini memakan waktu sekitar 10 menit, menggeliat dan melepaskan anggota tubuhnya.

BACA JUGA:

Tren Makanan Sehat 2018, Mulai Olahan Daun Kelor hingga Makan Serangga

Sementara di sisi lain, menurut Jonathan proses penyengatan listrik hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik dan diklaim lebih manusiawi.

Tidak hanya mengeluarkan larangan soal merebus lobster hidup-hidup, pemerintah Swiss juga diketahui akan melarang proses transportasi lobster hidup yang diletakkan di atas es atau air dingin. Sebaliknya, lobster-lobster tersebut harus selalu diletakan di lingkungan alami mereka.

Sejauh ini disebutkan, perintah soal larangan mengenai tindakan pengolahan lobster ini sendiri belum diterapkan di negara bagian.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini