nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Ditiru! Ini Bahayanya Ikutan "Tide Pod Challenge"

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 19:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 12 298 1844280 jangan-ditiru-ini-bahayanya-ikutan-tide-pod-challenge-tWUdLsmxay.jpeg Tide pod challenge (Foto:Popculture)

MASIH ingat dengan ice bucket challenge? Beberapa tahun lalu, tantangan ini sempat booming di kalangan selebriti dunia karena memiliki tujuan yang sangat positif, yakni meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit ALS (amyotrophic lateral sclerosis). Penyakit ini menyerang saraf motor manusia yang juga dikenal dengan sebutan motor neuron disease.

Memasuki tahun 2018, para pengguna media sosial kembali dikejutkan dengan kemunculan "Tide Pod Challenge". Tantangan tersebut mengharuskan seseorang untuk memakan sabun atau bubuk detergen dalam jumlah tertentu.

Dilansir dari The Daily Meal, Jumat (12/1/2018), Tide Pod Challenge sebetulnya sudah dilakukan oleh sebagian orang sejak tahun 2015 lalu, dan telah memicu kontroversi di tengah-tengah masyarakat dunia.

BACA JUGA:

Rumah Mode Gucci Hadirkan Restoran di Italia

Meskipun ide awalnya berasal dari sebuah meme, Tide Pod Challenge dinilai dapat membahayakan jiwa seseorang. Ratusan remaja bahkan dilaporkan telah mengunggah foto mereka ketika sedang memakan bubuk deterjen. Sebagian di antaranya bahkan benar-benar menelan bubuk berbahan kimia tersebut.

Permasalahan ini sebetulnya sudah mendapat perhatian penuh dari sejumlah dokter. Mereka menganjurkan agar setiap orang yang sengaja atau tidak sengaja memakan bubuk detergen itu, segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat.

 

"Efek sampingnya sangat berbahaya. Kulit, mata, dan bagian tubuh lainnya akan terasa seperti terbakar, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Tindakan ini juga akan membakar saluran pernafasan dan esofagus," tutur Dr. Joe Krug kepada WXIN.

Lalu, apakah meme yang dihasilkan dari Tide Pod Challenge ini sepadan dengan dampak yang ditimbulkan?

BACA JUGA:

4 Kudapan Ringan Ini Bisa Dikonsumsi di Atas Jam 8 Malam Lho!

Jangan salah, beberapa netizen sempat memamerkan kreativitasnya saat mengolah bubuk deterjen tersebut. Seorang pengguna twitter dengan usernama @MoonEmoji bahkan berhasil membuat olahan pizza menggunakan bubuk deterjen itu.

"Tide pods adalah bahan dasar terbaik untuk membuat pizza," tulisnya.

Tidak hanya itu, ia juga mengunggah sebuah foto piring yang berisikan tumpukan tide pod, lengkap dengan sebuah lilin dan secangkir minuman berwarna biru. Meski tujuan awalnya hanya untuk membuat sebuah meme lucu, Tide Pod Challenge ini harus segera dihentikan sebelum korban berjatuhan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini