Ajaib! Ada Danau di Tengah Laut di Portugal

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 07:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 12 406 1843848 ajaib-ada-danau-di-tengah-laut-di-portugal-VqboGNWgQ0.jpg Vila Franca Do Compo (Foto: Amusing Planet)

SEBUAH danau biasanya bisa ditemui dibeberapa tempat, misalnya di pedesaan, hutan, hingga pegunungan. Tapi, ternyata tidak semua danau berada di tempat yang lazim seperti itu. Pasalnya, ada sebuah danau yang terletak di tengah laut, penasaran?

Danau yang letaknya tidak wajar tersebut ada di sebuah pulau yang juga unik bentuknya. Pulau bernama Vila Franca da Compo namanya, pulau ini terbentuk oleh kawah gunung berapi di bawah laut tua. Pulau kecil yang sekarang diklasifikasikan sebagai cagar alam menjadi salah satu tempat wisata utama São Miguel, Portugal, terutama karena sebuah acara di kejuaraan dunia Red Bull Cliff Diving diadakan juga di sini, dikutip dari Amusing Planet, Jumat (12/1/2018).

Pulau unik yang jadi tempat keberadaan danau di tengah laut itu, benar-benar tampak tidak biasa. Pasalnya, di sekeliling pulau terkepung oleh air laut, sementara di tengah pulau terdapat lubang besar terisi air yang jadi danau. Pulau terlihat seperti cincin berbentuk unik dengan warna hijau dari pepohonan yang tumbuh rimbun.

Dari foto juga tampak terlihat sisi tepi danau bisa terhubung langsung ke laut. Jadi, hal tersebut memungkinkan pengunjung bisa menjamah air danau sekaligus air laut. Bisakah Anda bayangkan asyiknya menikmati dua jenis air sekaligus?

islet-villa-franca-1

Tidak hanya itu, dari sumber juga mengatakan, pulau unik tersebut juga telah digunakan untuk berbagai tujuan, misalnya saja tempat pencarian penangkap ikan paus, hingga benteng militer. Pulau pun kabarnya pernah jadi lokasi pembudidayaan kebun anggur. Namun, pada 1986, pulau diambilalih oleh pemerintah daerah dan ditahun yang sama dimasukan dalam daftar cagar alam, untuk melindungi alam juga spesies makhluk hidup yang mendiaminya.

Pulau Vila Franca do Compo dihuni oleh berbagai jenis spesies tumbuhan dan hewan endemik. Banyak burung, krustasea, dan flora yang perlu dilindungi dari tangan jahat manusia.

Meskipun dulu sempat bebas dikunjungi sepanjang tahun, setiap hari, tapi sekarang kunjungan ke Pulau Vila Franca dibatasi. Sekarang pulau tersebut hanya bisa dikunjungi selama Juni dan September. Layanan kapal khusus yang membawa penumpang ke Vila Franca bisa dimanfaatkan oleh pengunjung.

Tertarik untuk datang berkunjung? Siap-siap bergeming ketika melihat air jernih dari laguna dan pantai yang indahnya tiada tara. Berjemur, berenang, menyelam, dan snorkeling bisa Anda lakukan ketika berada di sini.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini