nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Rupa Pasar Penyihir di Bolivia yang Jual Benda-Benda Ritual

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 11:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 12 406 1843930 begini-rupa-pasar-penyihir-di-bolivia-yang-jual-benda-benda-ritual-phNV5Daq1f.jpg Pasar penyihir di Bolivia (Foto: Amusingplanet)

PASAR di negara mana pun pasti berisi barang-barang yang dijual dan dibutuhkan oleh masyarakat. Biasanya pasar menjual kebutuhan sehar-hari, seperti sayuran, bahan-bahan pokok, daging, dan kebutuhan lainnya. Namun, ada juga pasar yang diberi nama sesuai dengan barang yang dijualnya.

Selama ini kita juga sering mendengar pasar loak yang menjual barang loak, ada juga pasar tekstil yang menjual kain-kain atau busana, pun ada pasar kembang yang menjual berbagai jenis tumbuhan dan kembang yang akan menghias halaman rumah. Akan tetapi, ada sebuah pasar yang menjual barang-barang yang hanya digunakan oleh orang-orang tertentu saja.

Pasar tersebut ialah pasar penyihir, dinamakan seperti itu karena sesuai dengan barang-barang yang dijual oleh para pedagang yang berjual di dalamnya. Pasar yang bernama La Paz tersebut berada di sepanjang jalan berbatu yang cukup sempit dan tua di La Paz, Bolivia.

Saat Anda tiba di pasar nyentrik ini, Anda akan melihat banyak wanita tua yang mengenakan pakaian tradisional Andean dengan gaun panjang. Mengutip dari Amusing Planet, Jumat (12/1/2018), pasar ini memiliki segala sesuatu yang dibutuhkan oleh para penyihir atau pun benda-benda yang diperlukan untuk ritual tertentu.

Benda seperti jimat, rempah-rempah berkhasiat, jimat pesona dan keberuntungan, armadillo, katak kering, patung keramik pasangan telanjang, dan formula afrodisiak bisa dengan mudah Anda temukan. Selain itu, benda yang lebih unik lagi seperti bulu burung hantu, kura-kura kering, bintang laut kering, ular hingga janin yang kering pun bisa dengan mudah dibeli.

Banyak dari barang-barang yang dijual di pasar digunakan untuk ritual keagamaan yang pengikutnya masih menghormati roh-roh. Sementara, benda-benda lainnya biasa dibeli oleh orang-orang yang ingin selalu sehat, enteng jodoh, cerdas, selalu bahagia, ingin kaya, dan umur panjang. Akan tetapi, dari semua barang yang dijajakan, benda yang paling laris dan selalu diburu pembeli adalah sebuah ramuan dari Brasil dan Peru yang kabarnya bisa memperbaiki kehidupan seks.

Selain itu, masih ada satu benda lagi yang paling aneh di pasar, yaitu janin ilama yang dikeringkan. Janin tersebut dibeli oleh mereka yang masih menganut kepercayaan tradisional dan rutin memberikan persembahan kepada Dewi Pachamama.

Masyarakat kerap mengubur janin ilama di bawah fondasi rumah baru mereka. Adapun maksud dan tujuan mengubur janin ini adalah agar penghuni selalu dilindungi, sehat, bahagia, dan selalu beruntung.

Akan tetapi, beberapa tahun belakangan ini, konsumen terbesar pasar penyihir bukanlah penduduk lokal yang datang untuk penyembuhan suatu penyakit atau hendak melakukan ritual. Namun, pembeli merupakan wisatawan yang membawa pulang barang aneh yang dijual di pasar tersebut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini