Menengok Kegiatan Pasar Ikan Terbesar di Dunia

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 13:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 12 406 1843947 menengok-kegiatan-pasar-ikan-terbesar-di-dunia-DuScf7Ua5l.jpg Pasar Ikan di Jepang (Foto: Amusing Planet)

PASAR ikan terbesar di dunia bisa Anda temukan di Jepang, tepatnya Tsukiji, Tokyo. Pasar ini merupakan pasar grosir untuk ikan dan makanan laut. Setiap hari ada sekira 2.000 ton makanan laut dan ikan yang dijual di pasar.

Dulu pasar ikan paling awal di Tokyo bernama Uogashi, didirikan di tepi sungai Nihonbashi pada abad ke-16 sebagai tempat menjual ikan sisa yang tidak dibeli oleh Kastil Edo, kediaman kerajaan Shogun. Melansir dari Amusing Planet, Jumat (12/1/2018), saat itu Tokyo terkenal dengan nama Edo. Seiring berkembangnya kota, pasar Uogashi pun berkembang jadi pasar berskala besar.

tsukiji-fish-market-2

Namun, setelah terjadi gempa besar pada 1923 dan menghancurkan sebagian besar pusat Kota Tokyo termasuk pasar ikan, pasar jadi dipindahkan ke derah Tsukiji, barulah pada 1935 beroperasi hingga jadi salah satu tujuan wisata populer di kota. Bila Anda berkesempatan untuk mengunjungi pasar ikan terbesar di dunia tersebut, kunjungilah pelelangan tuna, yang menjual ikan dengan ukuran yang bisa membuat Anda terkejut. Pada 2013, tuna sirip biru setinggi 439 pon atau 199 kilogram dijual seharga 1,76 juta pound, yang setara dengan Rp 1,8 milyar lebih.

Pengunjung biasanya mulai berbaris pukul 03.00 pagi, untuk menjadi salah satu orang yang beruntung yang diizinkan untuk melihat pelelangan ikan yang dilakukan. Sementara, pelelangan dimulai sekitar pukul 05.30 pagi dan berakhir pada 10.00 pagi.

tsukiji-fish-market-6

Bagi pembeli, ikan yang telah dimiliki bisa langsung dipotong. Untuk ikan seperti tuna harus melalui proses cukup rumit. Tuna beku dan ikan todak sering dipotong dengan menggunakan gergaji besar dan tuna segar dipotong dengan pisau yang sangat panjang lebih dari satu meter.

Setiap harinya Pasar Ikan Tsukiji menangani lebih dari 400 jenis ikan dan makanan laut yang berbeda, mulai dari rumput laut murah sampai kaviar yang paling mahal, ada pula ikan sarden kecil hingga tuna seberat 300 kilogram dan bahkan ada pula spesies paus.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini