Nikmati Pemandangan Kota Baja dari Puncak Gunung Batur Banten

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 16:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 12 406 1844051 nikmati-pemandangan-kota-baja-dari-puncak-gunung-batur-banten-ehkwUajruc.jpg Gunung Batur (Foto: Tempatwisataunik)

MENDENGAR nama Gunung Batur pasti para traveler langsung terbesit Provinsi Bali. Padahal, ternyata Gunung Batur pun juga ada di Provinsi Banten.

Gunung Batur yang ada di Banten tersebut, tepatnya berada di Desa Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon. Gunung ini telah lama dijadikan destinasi wisata bagi masyarakat Provinsi Banten dan sekitarnya. Namun, namanya tidak cukup populer karena traveler lebih banyak mengetahui Gunung Batur berada di Bali.

BACA JUGA:

Padahal, Gunung Batur Banten pun cukup menarik untuk dikunjungi. Bagi traveler yang menyukai pemandangan alam, namun tidak ingin melewati jalur pendakian yang sulit, maka Gunung Batur bisa jadi pilihan tepat.

(Foto: Naturalexploresindonesia)

Pasalnya, jalur pendakian telah diaspal, meski tetap menanjak dan menurun. Menurut traveler yang pernah mendaki hingga puncak gunung, waktu tempuh yang diperlukan untuk bisa menikmati pemandangan alam dan Kota Baja Cilegon dari ketinggian membutuhkan waktu sekira 4-5 jam berjalan kaki.

Waktu yang cukup lama untuk bisa tiba di puncak gunung tersebut, mengharuskan traveler dalam kondisi yang prima ketika mendaki. Meskipun jalur tidak ekstrem seperti gunung yang lainnya di Indonesia, namun para traveler tetap perlu mengenakan alas kaki yang nyaman dan aman digunakan untuk berjalan kaki dengan jalur menanjak.

Setibanya di puncak gunung, para traveler bisa menikmati wisata agro yang cukup menarik, seperti paralayang, gantole, berkemah, hiking, hingga mempelajari beragam flora dan fauna yang hidup di kawasan Gunung Batur. Keistimewaan Gunung Batur tidak hanya itu saja, sebab penduduk setempat yang menempati kawasan gunung akan menyambut para traveler dengan senyuman ramah dan ketika malam hari, ada pemandangan yang hanya Anda dapatkan di Gunung Batur saja, yaitu kelap-kelip lampu dari kapal feri yang berlayar di permukaan laut, dan ada juga pendar cahaya bulan yang memantul ke permukaan laut membuat kilau keemasannya kian memesona.

BACA JUGA:

Bagi traveler yang berminat mendaki dan menikmati pemandangan dari puncak Gunung Batur, sebaiknya datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, karena akan lebih mudah dan menyenangkan daripada kendaraan umum yang memerlukan banyak biaya.

Dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan petunjuk arah dari GPS atau aplikasi maps yang ada dalam ponsel pintar Anda. Dari pusat Kota Cilegon, Gunung Batur berada sejauh 8 kilometer, cukup dekat, bukan?

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini