Pemandangan Pelabuhan Sunda Kelapa, Destinasi Fotografi Favorit Generasi Milenial

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 18:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 12 406 1844181 pemandangan-pelabuhan-sunda-kelapa-destinasi-fotografi-favorit-generasi-milenial-uoa8iiX4DW.jpg Pelabuhan Sunda Kelapa (Foto: Utami/Okezone)

PELABUHAN Sunda Kelapa kini sedang jadi lokasi fotografi kekinian di kalangan generasi milenial. Latar belakang berupa kapal-kapal, kontainer berwarna-warni, hingga pemandangan anak-anak berenang di laut jadi objek foto yang belakangan menghiasi beberapa unggahan netizen.

Meskipun kini semakin dilirik oleh anak muda yang hobi fotografi, Pelabuhan Sunda Kelapa yang berlokasi di Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara tersebut telah dikenal sebagai salah satu tempat wisata yang letaknya berdekatan dengan Kota Tua Jakarta sejak lama. Bahkan menurut berbagai sumber yang berhasil Okezone rangkum, pelabuhan yang masih beroperasi hingga kini tersebut telah berdiri sejak abad ke-5.

Pelabuhan tersebut juga termasuk salah satu pelabuhan yang tertua di Indonesia dan sempat beberapa kali berganti nama. Dari beberapa nama yang sempat disandang, akhirnya ditetapkan nama Pelabuhan Sunda Kelapa hingga kini berdasar dari SK Gubernur DKI Jakarta pada 6 Maret 1974.

(Foto: msstngr/Instagram)

(Baca Juga: Nikmati Pemandangan Kota Baja dari Puncak Gunung Batur Banten)

Dalam sejarah tertulis, dahulu Pelabuhan Sunda Kelapa awalnya merupakan pelabuhan milik Kerajaan Tarumanegara, hingga akhirnya berganti kepemilikan di bawah Kerajaan Sunda pada abad ke 12. Mulai saat itulah Pelabuhan Sunda Kelapa menjadi salah satu pelabuhan yang paling sibuk dan penting di Pulau Jawa. Hal tersebut terjadi karena letak pelabuhan yang cukup strategis, mudah diakses oleh pedagang-pedagang dari berbagai daerah dari dalam maupun luar negeri.

Akibat dari sibuknya pelabuhan dan sering disinggahi oleh pedagang dari luar negeri, seperti Tiongkok, Arab, India, Inggris, dan Portugis, maka sudah tidak heran lagi jika banyak kebudayaan dan kebiasaan masyarakat Jakarta banyak terdapat pengaruh dari beberapa bangsa luar tersebut. Daya tarik Pelabuhan Sunda Kelapa tidak hanya dari sisi sejarah saja, sebab pemandangan dari kegiatan bongkar muat barang yang ada di pelabuhan juga menarik untuk dijadikan objek foto.

(Foto: realtamiii/Instagram)

(Baca Juga: Wisata Unik, Bidar Mini Jadi Langkah Awal Perkembangan Pariwisata Di Ogan Ilir)

Contohnya saja yang dilakukan oleh generasi milenial saat ini, latar belakang foto kontainer berwarna-warni sekarang tengah menjadi tren di media sosial. Selain foto dengan latar belakang kontainer ada pula foto yang menunjukan jajaran kapal-kapal kayu pinisi yang sedang tertambat di dermaga, kegiatan pekerja di atas kapal, dan anak-anak kecil yang bermain air hingga melompat dari atas kapal.

Tertarik untuk memotret di kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa? Anda bisa mengakses pelabuhan dengan naik angkutan umum seperti mikrolet 015 yang jurusan Kota-Tanjung Priok, atau bisa juga mengikuti arah yang ditunjukan GPS dan aplikasi peta pada ponsel pintar.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini