5 Jenis Lomba yang Diikuti Hewan, Lomba Lari Siput Benar-Benar Ada!

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Minggu 14 Januari 2018 17:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 12 406 1844305 5-jenis-lomba-yang-diikuti-hewan-lomba-lari-siput-benar-benar-ada-4lVtenDZR2.jpg Lomba lari siput (Foto: Chocolate machines)

TIDAK hanya manusia, hewan juga mengikuti lomba balap, loh. Keterlibatan hewan dalam perlombaan memang diinisiasi oleh manusia. Kendati demikian, ini sudah terjadi sejak zaman kuno.

Tak hanya di luar negeri, lomba hewan juga ada di Indonesia. Karena keunikannya, tak jarang acara tersebut bisa menjadi pertunjukkan menarik dan mendatangkan wisatawan. Apa sajakah? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Lomba lari anjing Dachsund

 

Lomba lari anjing Dachsund telah dimulai sejak tahun 1970. Mulanya lomba lari anjing ini ditayangkan dalam acara olahraga komedi dalam sebuah stasiun televisi di Australia. Namun, kini di California lomba lari anjing Dachsund menjadi acara festival tahunan yang diselenggarakan setiap Desember.

Lomba lari unta

Bila lomba lari anjing sudah tergolong mainstream, di Arab Saudi lomba lari unta menjadi salah satu penyelenggaran nasional. Bahkan, sejak tahun 1070 sudah ada regulasi khusus yang mengatur lomba lari khusus unta. Selain di Arab, lomba lari unta juga kerap diselenggarakan di negara lain, seperti Mesir dan India.

Lomba lari siput

Lomba lari siput? Hmm… membayangkannya saja sudah mengundang tawa ya. Tetapi lomba lari siput yang sempat menjadi adegan dalam animasi anak-anak Spongebob itu ternyata benar-benar ada. Di Inggris lomba lari siput diselenggarakan setiap bulan Juli. Lomba lari ini sendiri sudah terlaksana selama 25 tahun lamanya.

Peraturan mainnya, siput-siput diletakkan di atas meja. Ada lingkaran di tengah meja. Nah, pemenang lomba lari ini adalah siput yang paling cepat mencapai lingkaran di tengah meja.

Balapan sapi

 

Di Indonesia, ada beberapa jenis lomba hewan tradisional. Salah satunya adalah balapan sapi atau yang biasa dikenal dengan karapan sapi. Meski berasal dari Madura, karapan sapi ternyata juga terdapat di daerah Lombok dan Padang. Pada perlombaan ini, sepasang sapi yang menarik semacam kereta dari kayu akan dipacu dengan dipecut oleh manusia yang mengendarainya agar dapat berlari sekencang-kencangnya.

Balapan itik