Kebiasaan Seruput Kopi Terlalu Pagi Timbulkan Efek Mudah Cemas, Benarkah?

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 08:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 12 481 1843861 kebiasaan-seruput-kopi-terlalu-pagi-timbulkan-efek-mudah-cemas-benarkah-F2CcEcRqQq.jpg Minum Kopi Pagi Hari (Foto: Reader Degeast)

Minum kopi satu gelas bisa menjadi semangat untuk memulai bekerja. Karena itu, banyak orang terbiasa menyeruput kopi di pagi hari. Catat, itu salah!

Para ahli menyebutkan, sebaiknya jangan terbiasa minum kopi di pagi hari. Minuman berkafein ini dapat sebabkan sejumlah risiko yang membuyarkan aktivitas Anda.

Menikmati kopi mantap di pagi hari bukan waktu yang cocok. Dilansir Readersdigest, Jumat (12/1/2018), banyak orang yang memilih minum kopi di pagi hari, sebenarnya ganti kebiasaan itu.

Tahukah Anda, ketika minum kopi di pagi hari bisa membuat tubuh lebih banyak produksi hormon kortisol. Hormon tersebut memicu seseorang mudah stres. Adrenalin juga bisa meningkat, sehingga membuat orang gampang marah. Dalam studi itu ditekankan pentingnya mengubah kebiasaan minum kopi pagi hari. Apalagi saat perut kosong, bisa mengganggu sistem pencernaan.

Akan lebih baik jika Anda terbiasa minum kopi setelah sarapan. Namun, waktunya jangan terlalu pagi, sebab bisa memicu hormon buruk yang sudah disebutkan.

Tak hanya itu, minum kopi terlalu pagi juga sebabkan seseorang kecanduan. Itu karena kandungan kafein yang tajam dampaknya.

Tubuh juga mengalami rasa lelah saat keinginan minum kopi tidak dipenuhi. Bahkan, Anda jadi sulit berpikir jernih saat belum minum kopi.

Karena itu, lebih disarankan lagi Anda mengganti minum kopi di siang hari. Tepatnya dilakukan mendekati pukul 13.00 WIB atau antara pukul 17.30-18.30 WIB.

Minum kopi di waktu tersebut bisa membangkitkan energi sesuai porsinya. Di malam hari Anda juga terbebas dari insomnia, karena kinerja kafein sudah berkurang.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini