nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wanita Lebih Panjang Umur dari Pria, Kenapa?

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 11:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 12 481 1843924 wanita-lebih-panjang-umur-dari-pria-kenapa-AEcm1IBoP6.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

KABAR gembira bagi para wanita yang diprediksi hidupnya lebih panjang umur dibandingkan pria. Alasannya cenderung dipengaruhi sejak baru lahir.

Harapan hidup wanita meningkat karena mereka cenderung memiliki keunggulan bertahan hidup pada masa bayi daripada masa dewasa. Sekalipun sengsara, anak perempuan yang baru lahir cenderung lebih bertahan hidup daripada anak laki-laki.

Wanita juga secara biologis lebih kuat daripada laki-laki. Karena itu, tak sedikit wanita single di masa tua karena suaminya meninggal dunia lebih dulu.

(Baca Juga: Punya Panorama Memikat, Indonesia Timur Mendominasi Rute Penerbangan Baru Maskapai di 2018)

Padahal selama ini jenis kelamin wanita dianggap lemah. Itu salah, justru mereka lebih tahan dan mudah mengatur pola hidupnya.

Temuan menunjukkan, wanita tidak hanya hidup lebih lama dari pria di masa normal, tapi juga cenderung bertahan, bahkan saat mengalami kelaparan atau penyakit lainnya. Mereka lebih unggul daripada pria dari segi kesehatan. Saat baru lahir, bayi perempuan juga lebih kuat bertahan.

(Baca Juga: Tren Makanan Sehat 2018, Mulai Olahan Daun Kelor hingga Makan Serangga)

Meski angka kematian sangat tinggi untuk kedua jenis kelamin, wanita masih hidup lebih lama dari pria, rata-rata 6 bulan hingga hampir empat tahun.

(Baca Juga: Rutin Lakukan Latihan Ini Bikin Pria Perkasa di Ranjang)

Keuntungan pada wanita ini mungkin sebagian besar disebabkan oleh faktor biologis, seperti genetik atau hormon, terutama estrogen. Hormon ini dapat meningkatkan pertahanan kekebalan tubuh terhadap penyakit menular.

"Hasil kami menunjukkan ada perbedaan gender saat perempuan bertahan hidup," kata Periset Virginia Zarulli, Asisten Profesor di Duke University di Durham, Amerika Serikat.

(Baca Juga: Sederet Perilaku Penumpang, Nomer 1 yang Paling Menjengkelkan)

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Prosiding National Academy of Sciences, tim tersebut menganalisis data kematian yang berusia sekira 250 tahun untuk orang-orang yang hidupnya kerap mengalami kelaparan atau penyakit.

Hasilnya sama, wanita dianggap lebih tangguh dalam menghadapi tantangan dalam hidupnya. Anda harus bersyukur dan tentu harus menjaga pola hidup agar lebih sehat dan mencegah penyakit. Demikian dilansir Zeenews, Jumat (12/1/2018).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini