Ciri-Ciri Hewan Peliharaan Siap Kawin, Mulai dari Anjing, Kucing hingga Ular

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 14 Januari 2018 20:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 12 481 1844038 ciri-ciri-hewan-peliharaan-siap-kawin-mulai-dari-anjing-kucing-hingga-ular-HbWzWQkwF0.jpg Ilustrasi (Foto: Readersdigest)

SELAYAKNYA manusia, binatang juga punya birahi yang menandakan mereka ingin kawin. Sebagai majikan, Anda harus paham supaya makhluk kesayangan itu tidak tersiksa.

Umumnya, binatang peliharaan yang diberikan kasih sayang oleh majikannya diperhatikan dari segi kesehatan mental dan fisiknya. Termasuk juga tanda-tanda musim kawin yang harus dipenuhi.

Anjing misalnya, punya ciri khas tersendiri jika ingin kawin. Selayaknya pula dengan kucing yang juga menunjukkan tanda-tanda birahinya sedang tinggi.

Lain halnya dengan ikan, mereka juga butuh kawin namun hampir tak merepotkan dengan kucing. Apalagi burung juga punya tanda unik saat ingin bercumbu dengan lawan jenisnya. Ditambah dengan ular, saat ingin hamil juga menunjukkan tanda periang dalam pemenuhan nafsunya.

Tak usah penasaran dan bingung membedakan aneka binatang peliharaan yang menunjukkan birahi lebih. Pencinta Binatang Alam, membeberkan ciri yang disembunyikan binatang peliharaannya saat musim kawin tiba. Berikut ulasannya dirangkum Okezone, Minggu (14/1/2018).

Anjing

Seekor anjing akan menarik lawan jenisnya dengan cara unik. Saat musim kawin tiba, dia akan menggonggong dengan nada berbeda, seolah protes. Dia juga meninggalkan bau khas untuk memancing jodoh. Majikan tentu harus peka dan segera menjodohkan binatang kesayangannya dengan lawan jenis untuk proses breeding. Dalam setahun, tidak pasti kapan anjing ingin kawin. Selain memenuhi "kebutuhan" binatangnya, para majikan juga ingin punya "cucu" baru dengan keturunan yang baik dan wajah menggemaskan.

Kucing

Tak berbeda dengan anjing, saat ingin kawin kucing juga "protes". Suaranya mengeongnya lebih sering dan membuat lingkungan sekitar gaduh. Terkadang manusia terganggu dengan suara kucing ingin kawin. Yang harus dilakukan majikan yakni, segera mencari jodoh untuk kucing kesayangannya agar tidak tersiksa. Namun, seekor kucing juga punya cara untuk mengikat lawan jenisnya. Kalau tak cocok, calon pasangan kucing kawin justru bertengkar dan semakin gaduh.

Ikan

Secara spesifik ikan tidak merepotkan majikannya saat musim kawin. Ikan lebih tenang berenang di air, tapi tetap saja menunjukkan tandanya. Para pencinta ikan pasti tahu tanda ikan kawin. Saat menarik lawan jenis, ikan mencium lawan jenisnya. Tanpa disadari, hal itu menjadi proses kawin yang akan memproduksi telur-telur. Setelahnya, ikan akan bertelur di kolam atau akuarium, lalu dikembangbiakkan menjadi anak ikan yang jumlahnya tidak sedikit.

Burung

Satu lagi hewan peliharaan yang juga harus dikenali tanda-tanda kawin. Berbeda halnya dengan anjing, kucing dan ikan, burung yang ingin kawin akan mendekatkan paruhnya ke lawan jenis. Peran majikan sangat penting saat proses kawin terjadi. Anda harus membuat sarang burung dari serabut untuk wadah bertelur. Tapi uniknya, jika tidak mencintai lawan jenis, burung tidak jodoh. Mereka tak mau dipaksa kawin dengan cara apapun.

Ular

Dalam proses kawinnya, ular juga punya ciri-ciri unik. Ular jantan yang ingin kawin biasanya ujung buntutnya "berdiri". Lalu pada betina, akan keluar cairan putih di area kloaka. Ditambah dengan nafsu makannya berkurang, sehingga menolak makanan yang diberikan majikannya. Tentunya Anda jangan menelantarkan jika binatang kesayangan Anda ingin kawin. Untuk ular yang berhasil dibuahi akan segera hamil dan punya anak dengan spesies genetik sesuai induknya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini