19 Nama dan Macam Phobia pada Binatang

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018 22:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 12 481 1844100 19-nama-dan-macam-phobia-pada-binatang-HHanni0DX9.jpg Phobia (Foto: Hannan Duzen)

MENDENGAR kata phobia, biasanya sebagian orang akan terlintas phobia atau rasa takut terhadap ketinggian, phobia terhadap air, ataupun phobia terhadap ruang sempit dan gelap.

Namun sebetulnya, apa sih definisi dari phobia itu sendiri? Menurut kamus Oxford, phobia diartikan sebagai ketakutan yang ekstrem atau irasional terhadap atau keengganan terhadap sesuatu.

Lebih dari itu, phobia juga berlaku terhadap binatang, bukan lagi secara umum namun spesifik terhadap jenis-jenis binatang tertentu. Ya, tidak semua orang menganggap bahwa binatang atau hewan-hewan tertentu itu adalah sebuah mahluk hidup biasa ataupun mahluk hidup yang lucu, indah, dan menggemaskan.

Lalu ada phobia apa saja terhadap binatang yang ada selama ini? Berikut ulasan daftar phobia terhadap binatang, sebagaimana disitat Fearof, Sabtu (13/1/2018).

1. Arachnophobia : Phobia atau rasa takut kepada binatang laba-laba, di mana disebutkan biasanya phobia ini melanda 48% wanita dan 12% laki-laki.

2. Ophidiophobia : Rasa takut terhadap hewan melata, biasanya orang dengan phobia ini akan menghindari tempat-tempat atau kota-kota tertentu yang habitat ularnya cukup banyak dibandingkan tempat lain.

3. Ornithophobia : Tidak semua burung dianggap lucu dan cantik oleh semua orang, sebab ada orang-orang yang memiliki ornithophobia alias phobia terhadap hewan burung, individu yang memiliki phobia ini disebutkan mungkin hanya takut pada spesies burung tertentu.

4. Alektorophobia : Phobia kepada ayam, di mana phobia ini biasanya dimiliki jika ayam mampu membuat seseorang menjadi panik.

5. Ailurophobia : Ketakutan terhadap kucing, phobia ini juga dikenal dengan nama Gatophobia.

6. Entomophobia : Serangga, ada juga phobia terhadap hewan serangga, phobia ini dikatakan biasanya berhubungan dengan Acarophobia (rasa takut terhadap ruang terbuka).

7. Lepidopterophobia: Untuk sebagian orang, kupu-kupu mampu menimbulkan rasa takut. Itulah mengapa ada yang dinamakan dengan Lepidopterophobia, phobia alias rasa takut terhadap kupu-kupu dan juga terhadap sebagian besar serangga yang bersayap.

8. Apiphobia : Rasa takut kepada lebah, banyak orang yang mempunyai rasa takut khawatir disengat oleh lebah-lebah yang marah.

9. Anatidaephobia : Ini adalah sebutan phobia untuk yang mempunyai rasa takut terhadap hewan bebek, di mana merasa di suatu tempat ada bebek yang sedang mengawasi.

10. Ranidaphobia : Ini adalah phobia untuk yang takut terhadap kodok, seringnya phobia ini muncul karena disebabkan ada kejadian tidak mengenakan yang dialami saat masih kecil.

11. Galeophobia : Rasa takut akan ikan hiu, entah itu ikan hiu yang ada di laut ataupun bahkan yang ada di kolam, seperti di akuarium.

12. Katsaridaphobia : Rasa takut kepada kecoak, phobia satu ini dapat dengan mudah memicu munculnya kondisi cleaning disorder.

13. Ichthyophobia : Rasa takut terhadap binatang ikan, baik itu ikan yang bentuk ukurannya kecil, besar, entah yang masih hidup ataupun yang sudah mati sekalipun.

14. Mottephobia : Takut akan hewan ngengat. Serangga ini hanya indah untuk beberapa orang saja.

15. Zoophobia : Takut terhadap binatang, secara keseluruhan. Rasa takut ini berlaku baik kepada binatang yang ganas dan berbahaya, ataupun yang tidak berbahaya sekalipun.

16. Equinophobia : Kuda, ya rasa takut dengan kuda juga ada loh. Disebutkan, biasanya phobia hewan yang satu ini adalah hal yang cukup umum, terutama untuk wanita.

17. Musophobia : Takut akan tikus. Beberapa orang mungkin ada yang menganggap tikus itu adalah seekor hewan yang imut, namun ada juga orang yang mempunyai rasa takut kepada hewan mencicit ini.

18. Scoleciphobia : Rasa takut pada cacing yang seringkali terjadi karena suatu kondisi yang tidak higienis.

19. Myrmecophobia : Ini adalah sebutan untuk rasa takut kepada semut. Phobia yang sedikit tidak biasa seperti phobia terhadap laba-laba, namun mungkin terasa sama intensnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini