nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Memelihara Hewan di Rumah Ternyata Bisa Menghilangkan Stres

Vessy Frizona, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018 04:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 12 481 1844220 memelihara-hewan-di-rumah-ternyata-bisa-menghilangkan-stres-Ut0Lm6Nc5V.jpg Memelihara hewan peliharaan bisa cegah stres (Foto:Latintrends)

TIDAK banyak yang tahu kalau hewan peliharaan yang dirawat di rumah memberi dampak besar bagi kehidupan si pemelihara. Biasanya orang cenderung menganggap memelihara hewan hanya menghabiskan uang, waktu, dan tenaga.

Meski ada benarnya juga, tetapi di balik anggapan miring itu, ada segudang manfaat lebih yang tidak dapat dibeli dengan uang oleh pemilik hewan jika mereka memelihara hewan di rumah. Baik itu manfaat bagi anak-anak, pria atau wanita single, orang dewasa, dan keluarga.
Psikolog Klinis, Arrundina Puspita Dewi, M.Psi, Psikolog., menuturkan, bagi anak-anak, memelihara hewan di rumah dapat mengajarkan mereka tanggung jawab, seperti bertanggung jawab membersihkan kotoran, memberi makan, dan mengajak bermain. Secara tidak langsung kontinuitas pekerjaan yang dilakukan anak terhadap hewan peliharaanya juga melatih mereka disiplin.
BACA JUGA:

Gemas! Wombat Tertua di Australia Ini Rayakan HUT dengan Cake Spesial

"Selain itu anak juga bisa berkreativitas jika mereka mendandani hewan peliharaan. Seperti memakaikan aksesori gelang atau kalung di kaki atau leher kucing dan anjing peliharaan, memakaikan baju, atau menghias kandang. Dengan memelihara hewan, anak juga belajar kasih sayang," terang Arrudina saat dihubungi Okezone belum lama ini.

Memelihara hewan peliharaan bukan saja bermanfaat bagi anak-anak
Psikolog lulusan Universitas Padjajaran ini menyatakan, memelihara hewan bermanfaat bagi orang dewasa. Khususnya bagi pria dan wanita single, ini dapat mengurangi stres dan kesepian.

"Memiliki hewan peliharaan di rumah juga bisa memenuhi kebutuhan afeksi. Terutama bagi mereka yang masih single, jadi punya companion (teman-red) di rumah dan bisa mendapatkan afeksi dari binatang peliharaannya. Sehingga mengurangi rasa kesepian juga," bebernya.

Psikolog yang akrab disapa Dina ini juga mengatakan, jika orang-orang yang memelihara hewan di rumahnya lebih minim resiko depresi. Banyak artikel menyebut, punya peliharaan di rumah bagus untuk kesehatan mental dan mengurangi stres.
"Sebab, dari hewan peliharaan kita dapat afeksi dan companion. Jadi ketika sedang sedih atau down, mereka selalu ada untuk kita. Dengan memiliki hewan peliharaan di rumah, mau enggak mau, meskipun lagi depresi, kita harus bangun dari tempat tidur dan ngurus peliharaan kan? Seperti memberi makan, mengajak anjing peliharaan jalan-jalan, dan masih banyak lagi. Hal-hal yang dilakukan itu berdampak baik bagi kesehatan mental," tukasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini