nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Malas, Ini 5 Keuntungan Bangun Pagi

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018 03:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 12 481 1844361 jangan-malas-ini-5-keuntungan-bangun-pagi-ueYky9AeD8.jpg Ilustrasi (Foto: News.com)

PUKUL berapakah Anda biasanya bangun tidur? Apakah Anda termasuk yang senang bangun pagi atau terburu-buru karena terlambat bangun? Anda tentu tahu bahwa bangun lebih awal dapat membawa dampak positif bagi seseorang.

Melansir News, Jumat (12/1/2018), inilah sederet keuntungan yang didapatkan saat bangun pagi;

Memulai hari dengan terstruktur

Kebiasaan bangun pagi bisa membuat Anda menjadi orang yang lebih terstruktur. Anda dapat mengatur alarm untuk waktu yang sama, melakukan latihan untuk kebugaran, dan memiliki semangat berlebih untuk menyelesaikan aktivitas di hari itu. Tahukah Anda bahwa olahraga di pagi hari dapat membantu memberikan energi dan konsentrasi serta menjaga kesehatan mental? Hal-hal itu tentunya menguntungkan bagi kinerja Anda.

Memiliki sarapan bergizi

Bila Anda bangun terlambat, maka hanya sedikit waktu yang Anda punya untuk sarapan. Makanan yang dikonsumsi pun ala kadarnya karena tidak memiliki waktu untuk mempersiapkannya. Malah bahkan sampai ada yang melewatkan sarapan. Lain halnya dengan orang-orang yang bangun lebih awal. Mereka bisa mempersiapkan menu makanannya dan mengonsumsi jenis makanan yang lebih sehat seperti protein atau buah. Kedua makanan itu dapat membantu menurunkan berat badan dan kolesterol, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta mengatur kadar gula darah.

Menjadi orang yang lebih patuh

Orang-orang yang bangun lebih awal biasanya mematuhi peraturan. Sebagai contoh, ketika memasang alarm di waktu tertentu mereka akan bangun saat alarm berbunyi dan menghindari tombol snooze atau tunda. Meskipun masih merasa mengantuk, tapi hal itu akan hilang dengan sendirinya. Kebiasaan kecil itulah yang membuat ia lebih patuh pada peraturan lain.

Lebih produktif

Bangun pagi membuat seseorang menjadi lebih produktif. Ia bisa berolahraga, mandi, sarapan sehat, menyaksikan berita hari itu, membuat makan siang, dan membuat rencana selama satu hari. Hal itu tentu membuat rutinitas orang tersebut berjalan lebih baik dan memanfaatkan energi untuk mengerjakan lebih banyak tugas menantang secara kognitif.

Memiliki jadwal tidur yang terjadwal

Banyak orang yang bangun terlambat karena terlalu asyik memainkan ponsel hingga larut malam. Sementara hal itu tidak terjadi pada orang-orang yang senang bangun lebih awal. Mereka sudah memiliki jadwal tidur dan langsung beranjak ke tempat tidur saat waktunya tiba. Ponsel pun sudah dimatikan agar tidak mengganggu kualitas tidur.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini