Image

Tak Disangka! Petugas Kebersihan Hotel Bintang 5 Terciduk Mencuci Gelas dengan Sikat WC!

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018, 19:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 13 406 1844551 tak-disangka-petugas-kebersihan-hotel-bintang-5-terciduk-mencuci-gelas-dengan-sikat-wc-cwKUo4ssGq.jpg Cuci gelas (Foto: Wisegeek)

KETIKA seseorang bepergian ke luar kota atau ke luar negeri, ia tentu memerlukan tempat tinggal sementara. Tak sedikit orang yang memilih hotel berbintang untuk ditinggali agar merasa lebih nyaman walaupun harus merogoh kocek lebih dalam. Sayangnya, tidak semua hotel menjamin kebersihan kamarnya.

Anda tentu sudah sering mendengar ada beberapa fasilitas kamar yang tidak disarankan untuk dipakai karena tidak dibersihkan seperti hair dryer dan mesin pembuat kopi. Selain itu, banyak pula yang mengatakan untuk meminta petugas hotel mengganti seprai kamar sebelum ditiduri. Baru-baru ini sebuah kejadian tidak mengenakkan terjadi di tiga hotel berbintang lima di China.

Sebuah video berdurasi tujuh menit memperlihatkan bagaimana petugas kebersihan di Kempinski Hotel, Shangri-La Hotel, dan Sheraton Harbin Xiangfang Hotel mencuci peralatan di dalam kamar. Dari rekaman yang diunggah ke situs China Pear Video itu terungkap jikalau petugas kebersihan membersihkan cangkir teh dengan sikat yang sama untuk membersihkan toilet dan bak kamar mandi. Bahkan air yang digunakan untuk membersihkan bak adalah air di lubang toilet.

Hal lain yang mencengangkan adalah petugas kebersihan mencuci keset di dalam bathtub dan melipat selimut di lantai. Melansir Independent, Sabtu (13/1/2018), petugas tersebut mengakui bahwa apa yang dikerjakannya bukanlah standar hotel tetapi dia malas untuk mengikuti aturan. "Saya hanya perlu memastikan atasan tidak melihat apa yang saya lakukan," ungkap petugas hotel dalam sebuah wawancara rahasia terhadap wartawan yang menyamar.

Cara pembersihan itu tentu tidak sepadan dengan biaya yang harus dikeluarkan. Sekadar informasi, untuk menginap di Sheraton Harbin Xiangfang Hotel tamu harus membayar sebesar £ 90-£ 125 atau setara dengan Rp 1,6 juta-Rp 2,2 juta per malam. Sedangkan untuk Hotel Shangri-La di Harbin harga sewa per malam adalah £148-£284 atau setara dengan Rp 2,7juta-Rp 5,1juta.

Dalam sebuah pernyataan di Weibo, Sheraton Hotels mengatakan bahwa pihaknya sangat menyesal dengan kejadian tersebut. Mereka mengatakan akan memberikan pelatihan tambahan untuk menekankan pentingnya kebijakan hotel. Sementara itu, Kempinski Hotels juga menyatakan telah mengambil langkah tambahan untuk memastikan karyawan mereka mematuhi standar kebersihan yang ketat. Hotel Shangri-La pun akan meningkatkan pelatihan dan pengawasan yang ketat.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini