Image

Ini Alasan Ratu Elizabeth Tidak Pernah Melihat ke Bawah saat Memakai Mahkota

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Minggu 14 Januari 2018, 21:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 14 194 1844769 ini-alasan-ratu-elizabeth-tidak-pernah-melihat-ke-bawah-saat-memakai-mahkota-RNUbEayrmN.jpg Ratu Elizabeth saat memakai mahkota (Foto: People)

ANDA mungkin pernah melihat Ratu Elizabeth II melihat ke bawah saat berbicara dengan anak kecil. Tapi pernahkah Anda melihat Sang Ratu melihat ke bawah saat mengenakan mahkotanya?

Ketika Ratu Elizabeth II mengenakan mahkota yang berukuran kecil, ia masih bisa melihat ke bawah setiap saat. Tetapi ketika mengenakan Imperial State Crown atau simbol resmi pemimpin Kerajaan Inggris, nenek buyut dari Pangeran George ini tidak akan pernah melihat ke bawah dan selalu berusaha menjaga kepala dan lehernya agar tetap tegak.

Hal ini dilakukan bukan karena takut mahkota akan terjatuh. Melainkan karena berat mahkota yang hampir mencapai 10 kg berpotensi membuat lehernya cedera jika Sang Ratu melihat ke bawah saat mengenakan mahkota tersebut.

(Baca Juga: Terungkap! Ini Alasan Ratu Elizabeth II Tak Pernah Kunjungi Yunani)

Karena itu, dia harus selalu mengangkat kepalanya setiap saat ketika memakainya. Dalam sebuah film dokumenter baru BBC berjudul The Coronation, Ratu Elizabeth membahas masalah yang dihadapi saat ia mengenakan mahkota tersebut pada ahli Crown Jewel, Alastair Bruce.

Selama diskusi yang dilakukan, seperti dilansir dari The Telegraph, Bruce menyebutkan bahwa Sang Ratu harus tetap menegakkan leher dan kepala saat mengenakan mahkota tersebut. Ratu Elizabeth pun membeberkan alasannya.

"Ya. Dan Anda tidak bisa melihat ke bawah untuk membaca pidato yang harus disampaikan. Karena jika Anda melakukannya, leher Anda akan patah," ujar Ratu Elizabeth dikutip dari Independent, Minggu (14/1/2018).

Sang Ratu menambahkan bahwa jika ia melihat ke bawah, dapat menimbulkan kerugian pada mahkota. Namun itu hanya dampak lainnya di samping keselamatan bagian tubuhnya.

(Baca Juga: So Sweet! Pangeran Phillip Punya Panggilan Sayang untuk Ratu Elizabeth!)

Dia juga menggambarkan bahwa mahkota tersebut sangat berat. Mahkota tersebut sebenarnya adalah mahkota yang sama yang dimiliki oleh ayahnya, Raja George VI. Tetapi sejak itu, mahkota disesuaikan agar pas dengan kepala Ratu dan terlihat lebih feminin.

"Untungnya ayahku dan aku memiliki bentuk kepala yang sama. Tetapi begitu Anda memakainya, tetap saja (berisiko)," tandasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini