6 Kebiasan Bikin Kulit Wajah Tidak Sehat, yang Mana Sering Anda Lakukan?

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Minggu 14 Januari 2018 13:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 14 481 1844708 6-kebiasan-bikin-kulit-wajah-tidak-sehat-yang-mana-sering-anda-lakukan-dWKZS40v37.jpg Perawatan kulit wajah (Foto:Stylecare)

KULIT adalah salah satu indera yang paling vital. Maka dari itu, penting bagi kita agar selalu menjaga kulit agar tetap sehat. Terutama pada kulit bagian wajah yang sangat memerlukan perhatian ekstra. Ada banyak faktor yang membuat kulit wajah menjadi kusam dan tidak sehat. Penyebabnya ialah dikarenakan hormon tak menentu, paparan polusi, dan tidak menjaga pola makan yang benar.

Namun tak hanya itu, nyatanya ada faktor lain yang membuat kesehatan kulit wajah menjadi tidak terjaga, yakni karena melakukan kebiasaan-kebiasaan umum yang tanpa sadar ternyata bisa membuat kulit wajah menjadi tidak sehat.

Melansir dari Boldsky (14/01/2018), beberapa kebiasaan di bawah ini sering dilakukan oleh kebanyakan orang, padahal tanpa sadar dapat membuat kulit menjadi rusak dan tidak sehat. Penasaran apa saja kebiasaan itu? Simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA:

Ingin Kulit Bebas Jerawat? Hindari 6 Makanan Ini!

1. Tidur dengan masih mengenakan riasan

Kebanyakan dari kita tidur dengan make-up yang masih menempel di kulit wajah. Hal ini sering terjadi apabila kita sedang lelah dan tidak mampu lagi untuk membersihkan segala riasan di wajah. Pasalnya, item make-up umumnya mengandung bahan kimia yang jika dibiarkan melekat di kulit semalaman dapat berdampak negatif terhadap kesehatan dan penampilan kulit. Jadi, kebiasaan ini harus segera ditinggalkan, ya!

2. Membersihkan kulit secara berlebihan

Seperti yang kita tahu, membersihkan kulit selalu dianjurkan untuk membuat kulit tetap sehat. Namun, ingat! Segala sesuatu yang berlebihan juga tidak bagus. Membersihkan kulit secara berlebihan bisa lebih berbahaya. Tidak hanya bisa melucuti kulit dari minyak alami, tetapi juga bisa membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan. Untuk menghindarinya, biasakan mencuci kulit tidak lebih dari tiga kali.

 

3. Memencet jerawat

Memencet jerawat mungkin tampak seperti jalan keluar yang mudah. Namun, hal ini ternyata dapat menyebabkan infeksi yang parah dan menyebabkan jerawat jadi tambah membandel. Tidak peduli seberapa menggodanya hal ini, tetapi Anda harus menghindarinya. Sebagai gantinya, coba gunakan obat antijerawat.

4. Mengabaikan area di sekitar mata

Kulit di sekitar mata memang cukup sensitif. Maka dari itu, lingkaran hitam, bengkak, dan bahkan kerutan tak bisa dihindari. Meskipun demikian, masih banyak wanita yang tidak memberi perhatian cukup pada area ini. Oleh karena itu, rajin-rajinlah melakukan perawatan di bagian ini yang bisa dilakukan dengan cara menaruh irisan mentimun ke bagian mata.

BACA JUGA:

Waspadai 4 Penyakit yang Ditularkan oleh Hewan Peliharaan Anda

5. Melewati tabir surya

Jarang menggunakan tabir surya merupakan kebiasaan fatal yang bisa menyebabkan kulit jadi tak enak dipandang. Sebab, paparan sinar matahari bisa membahayakan kulit dan menyebabkan berbagai masalah kulit yang tidak diinginkan.

6. Menggunakan terlalu banyak produk kecantikan

Ini adalah kebiasaan kulit yang bisa menimbulkan malapetaka bagi penampilan dan kesehatan kulit. Menggunakan terlalu banyak produk bisa lebih berbahaya karena zat kimia yang terkandung di dalamnya. Mengenakan berbagai produk dapat menghilangkan kelembapan alami dari kulit. Cukup gunakan beberapa produk penting untuk menunjang penampilan dan tetap memastikan kulit agar tetap sehat dan bersinar terang.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini