Bumil, Ketahui Waktu yang Tepat Bayi Bergerak dalam Rahim

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Senin 15 Januari 2018 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 15 196 1845098 bumil-ketahui-waktu-yang-tepat-bayi-bergerak-dalam-rahim-9prlsB5ZpF.jpg Tendangan bayi dalam rahim (Foto:Boldsky)

BAGIĀ  wanita, hamil adalah anugerah terbesar di dunia. Hal ini merupakan bagian dari kehidupan, di mana mereka melahirkan salinan genetik kecil yang berwujud serupa dengan diri mereka sendiri.

Wanita mengalami banyak perubahan selama proses kehamilan, baik secara mental maupun fisik. Selama kehamilan, tubuh wanita dirancang untuk bisa menampung janin yang sedang tumbuh hingga sempurna. Dan, yang kerap jadi masalah ialah terkadang para wanita hamil tidak terlalu mengetahui saat dan kapan bayi sedang tumbuh.

Wanita hamil cenderung paranoid saat berhubungan dengan kesehatan bayi mereka yang sedang berkembang. Mereka selalu ingin tahu apakah bayi mereka mendapat nutrisi yang tepat atau tidak. Karena alasan inilah wanita hamil sering pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan ultrasound untuk memantau perkembangan bayi.

BACA JUGA:

Bahagia di Usia 30 Tahun, Lakukan 7 Langkah Ini

Hal yang paling pasti untuk memberitahu bahwa bayinya berkembang dengan baik ialah saat sang bayi mulai menggunakan tangan dan kakinya untuk menendang-nendang di dalam rahim ibunya. Pergerakan bayi di sekitar rahim memang telah lama digunakan sebagai tanda untuk menunjukkan jika bayinya baik-baik saja. Bahkan, sebelum munculnya peralatan modern seperti ultrasound, wanita menggunakan gerakan dan tendangan bayi untuk memantau kesehatan bayi yang belum lahir. Namun, kapan tepatnya seorang ibu mulai merasakan gerakan bayinya di dalam rahim?

Studi telah menunjukkan bahwa janin mengembangkan kemampuan untuk bergerak setelah 8 minggu. Baca terus untuk mengetahui lebih banyak, sebagaimana melansir dari Boldsky, Senin (15/01/2018).

- Dalam 8 minggu kehamilan, janin mulai merasakan sentuhan di bibir dan pipinya dengan cairan ketuban.

- Dalam 11 minggu, tangan dan kaki bayi cukup berkembang dan dia mulai menjelajahi daerah sekitar rahim ibunya. Ini adalah tahap pembelajaran yang hebat bagi janin karena mencoba memahami daerah sekitarnya.

- Setelah 12 minggu, sang ibu bisa merasakan tendangan bayi. Perasaan ini digambarkan sebagai adanya debaran di perut bagaikan popcorn yang sedang meletup-letup.

- Pada 20 minggu, tendangannya menjadi menonjol dan bisa dirasakan oleh orang lain juga. Bayi mulai bergerak lebih sering karena ia berkembang menjadi lebih kuat setiap hari.

- Dalam 30 minggu, sang ibu akan merasakan posisi pastinya kepala bayi dari waktu ke waktu. Padahal, gerakan akan begitu sering dan kuat sehingga ibu akan merasakan bentuk perutnya berubah.

BACA JUGA:

Janin Kembar ini Berantem di Dalam Rahim, Videonya Akan Menakjubkan Anda!

Banyak wanita tidak yakin apakah bayi akan akan terus menendang sampai akhir atau tidak. Faktanya, bayi akan terus menendang dan bergerak saat ada ruang terbatas di rahim. Penting juga untuk dicatat bahwa pergerakan bayi bergantung pada mood ibu.

Jika ibu senang atau gembira, janin cenderung bergerak lebih sering. Sebaliknya, bayi akan tetap diam apabila ibu sedang stres. Selain itu, mengonsumsi makanan bergizi juga akan memberi energi pada janin untuk bergerak.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini