Pria Ini Hidup hingga 256 Tahun & Rahasia Panjang Umurnya Adalah...

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 15 Januari 2018 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 15 196 1845218 pria-ini-hidup-hingga-256-tahun-rahasia-panjang-umurnya-adalah-5Drtu4s7mN.jpg Pria panjang umur (Foto:Simplecapacity)

COBA sebut berapa angka yang Anda harapkan untuk usia Anda kedepannya? 100 tahun rasanya sudah cukup. Ya, kalau kurang mungkin 200. Tapi, memangnya ada manusia yang usianya sampai 200 tahun?

Selamat berkenalan dengan Li Ching Yuen. Pria asal China ini dijuluki sebagai manusia dengan usia paling tua, yaitu 256 tahun! Hal ini bukan isapan jembol atau kisah masa kecil yang penuh dengan imajinasi. Sebab, New York Times sempat menuliskan kisah pria ini sudah sejak 1930 dan ceritanya menjadi viral sampai sekarang.

Dikutip dari Simple Capacity, Senin (15/1/2018), New York Times menuliskan kisah Li pertama kali pada 1930. Kala itu, Wu Chung-chieh, seorang profesor di Universitas Chengdu, menemukan catatan pemerintah Imperial China dari tahun 1827 yang mana mengucapkan selamat kepada Li Ching-Yuen pada ulang tahunnya yang ke-150 tahun. Dokumen pun berlanjut sampai muncul ucapan selamat ulang tahun ke-200 pada tahun 1877.

BACA JUGA:

Bumil, Ketahui Waktu yang Tepat Bayi Bergerak dalam Rahim

Pada tahun 1928, seorang koresponden New York Times menulis bahwa banyak orangtua di lingkungan Li yang mengatakan bahwa kakek itu memang berusia “banyak”. Sebab, saat ditanya pada orangtua di sekitar rumah Li, mereka bilang bahwa Li sudah hidup lama sebelum sekarang. Sebelum orangtua di sana lahir.

Siapa Li sebenarnya?

Banyak referensi menjelaskan bahwa Li adalah seorang herbalis. Dia sudah memulai karir sebagai herbalis sejak usianya 10 tahun. Di usia itu, dia sudah mulai mengumpulkan ramuan dari tumbuhan di pegunungan dan mengetahui bahwa tanaman itu bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satunya untuk usia panjang.

Selama 40 tahun Li bertahan dengan diet herbalnya, seperti lingzhi, goji beri, ginseng liar, shoo wu, dan gotu kola. Tak ketinggalan, Li juga ternyata rutin mengonsumsi “rice wine”.

Sementara itu, di usianya yang ke-71 pada tahun 1749, Li diketahui pernah menjadi tentara China. Di sana dia diberdayakan sebagai guru bela diri. Li dikenal sebagai tokoh yang sangat dicintai di komunitasnya.

Bicara mengenai kisah cintanya, please jangan kaget, Li pernah menikah sebanyak 23 kali dan menjadi ayah atas 200 anak. Menurut cerita yang beredar, Li sudah bisa membaca dan menulis sejak kecil dan pada ulang tahunnya yang ke-10, Li telah melakukan perjalanan ke Kansu, Shansi, Tibet, Annam, Siam, dan Manchuria. Perjalanan itu dia dedikasikan hanya untuk menemukan tanaman herbal dan menciptakan obat alternatif!

 

Sementara itu, apa sih rahasia umur panjangnya?

Jangan khawatir, semua itu bakal Anda ketahui sebentar lagi. Saat Li ditanya mengenai rahasia umur panjangnya, dia menjawab santai,”Hati selalu tenang, duduk seperti kura-kura, berjalan dengan sigap seperti merpati, dan tidur seperti seekor anjing”.

Kalimat itu didapat dari pernyataan panglima perang China bernama Wu Pei-fu. Sang panglima berkesempatan untuk bertemu dengan Li dan mendapatkan rahasia tersebut yang kemudian tersebar ke seluruh penjuru dunia.

BACA JUGA:

Bahagia di Usia 30 Tahun, Lakukan 7 Langkah Ini

Dari apa yang dijelaskan Li, dia cukup yakin bahwa ketenangan batin dan ketenangan pikir menjadi kombinasi yang pas untuk hidup yang lebih panjang. Tak lupa, teknik pernapasan yang baik juga mendukung tubuh untuk bekerja lebih baik, sehingga usia Anda lebih panjang. Tetap tenang dan punya pikiran positif juga paham hidup yang mesti ada di kehidupan Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini