Share

Berpotensi Terkontaminasi Salmonella, Belasan Juta Susu Formula Bayi Ditarik dari Peredaran

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 15 Januari 2018 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 15 298 1845209 berpotensi-terkontaminasi-salmonella-belasan-juta-susu-formula-bayi-ditarik-dari-peredaran-VE2CCLPROy.jpg Ilustrasi (Foto: Babygooroo)

SETIAP orangtua pasti ingin memberikan asupan nutrisi dan gizi yang tepat untuk sang buah hati, agar buah hati tercinta bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Maka dari itu wajar rasanya jika para orangtua, pada dasarnya harus sangat berhati-hati dalam memilih produk susu yang akan diberikan kepada anak untuk dikonsumsi. Belum lagi ditambah dengan adanya kejadian teranyar satu ini, ada apakah gerangan?

Ternyata, seperti dilapor Thedailymeal, Senin (15/1/2018) Lactalis, sebuah perusahaan dairy terbesar di dunia asal Prancis diberitakan baru saja menarik kembali sekitar lebih dari 12 juta kotak baby formula atau susu formula untuk bayi karena disebabkan adanya masalah soal potensi resiko kontaminasi bakteri salmonella.

 (Baca Juga: Ketiga Anaknya Meninggal di Tanggal yang Sama, Apa yang Sebetulnya Terjadi?)

Lebih lanjut disebutkan, perusahaan dairy Prancis tersebut menarik kembali lebih dari 12 juta kotak susu formula tersebut dari peredaran di 83 negara di Eropa, Asia, Amerika Latin, dan Afrika. Sedangkan Amerika Serikat dan Inggris disebutkan oleh perusahaan, tidak terpengaruh oleh penarikan kembali tersebut.

Menurut keterangan dari The Guardian, bakteri salmonella ini diduga mengontaminasi di susu formula bayi yang diproduksi oleh Lactalis, yang merupakan perusahaan susu terbesar di dunia. Sejauh ini, penarikan kembali produk susu melibatkan susu formula bayi dari merek perusahaan Picot, Milumel, dan Taranis.

Diketahui lebih lanjut, menurut BBC, penarikan kembali produk susu formula ini awalnya diumumkan pada Desember 2017 lalu dan melibatkan semua produk yang diproduksi setelah Februari 2017. Namun, penarikan kembali alias recall ini diperpanjang hingga pekan ini setelah produk-produk yang diduga terkena dampak, masih ditemukan di rak supermarket walau setelah penarikan kembali diumumkan. Sekarang penarikan kembali ini mempengaruhi semua produk yang diproduksi di pabrik perusahaan di Craon, di wilayah Mayenne di Prancis, terlepas dari kapan produk tersebut diproduksi.

 (Baca Juga: Bayi Ganteng Mirip Robert Pattinson Jadi Viral di Media Sosial)

Sementara itu, bakteri salmonella ini sendiri diketahui dapat menyebabkan demam, diare, dan kram perut, dan bisa mengancam nyawa, terutama pada anak kecil. Sejauh ini 35 bayi di Prancis, 1 di Spanyol, dan 1 di Yunani dilaporkan telah terkena salmonella setelah mengkonsumsi susu formula tersebut.

Soal dugaan potensi adanya kontaminasi bakteri salmonella ini sendiri, membuat Menteri Keuangan Prancis, Bruno Le Maire angkat bicara.

"Tujuan dilakukannya langkah ini sederhana saja, yakni untuk menghindari penundaan, masalah dalam penyortiran batch, dan resiko kesalahan manusia, kata Bruno Le Maire, menurut The Guardian.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini