nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Satu Jam Setelah Bangun Tidur, Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 16 Januari 2018 05:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 15 298 1845301 satu-jam-setelah-bangun-tidur-waktu-yang-tepat-untuk-minum-kopi-NFRv9GbaWC.jpg Minum kopi (Foto: Mensfitness)

BUDAYA akan meminum kopi seiring perkembangan zaman tidak disangkal memang mengalami perubahan. Jika dulu minum kopi identik dengan kebiasaan 'bapak-bapak'. Sekarang, budaya minum kopi telah menjadi kebiasaan para generasi muda dan juga milenialls, di mana minuman kopi bukan hanya sekedar menjadi minuman biasa namun seolah menjadi 'bensin' untuk bisa beraktivitas sehari-hari.

Bicara soal waktu menyeruput kopi, setiap orang memiliki waktu masing-masing. Ada yang hobi meminum kopi di pagi hari, ada yang memilih di siang hari, namun ada juga yang merasa lebih nikmat jika menyeruput kopi di malam hari setelah seharian beraktivitas. Akan tetapi, kapan waktu yang tepat untuk meminum kopi?

 (Baca Juga: Ketiga Anaknya Meninggal di Tanggal yang Sama, Apa yang Sebetulnya Terjadi?)

Ternyata para ilmuwan, disebutkan telah menemukan waktu yang tepat untuk minum kopi. Sebagaimana dikutip Foodbeast, Selasa (16/1/2018) waktu tepat untuk meminum kopi menurut para ilmuwan adalah satu jam setelah bangun tidur. Menurut para peneliti, hal ini dikarenakan waktu satu jam setelah bangun produksi kortisol dalam tubuh ada di salah satu dari tiga puncak hariannya

Selama ini kebanyakan orang cenderung menganggap kortisol sebagai "hormon stres" karena disekresikan dalam jumlah yang lebih tinggi saat merasakan ketegangan atau ketegangan yang muncul karena keadaan yang dianggap menuntut. Namun di sisi lain, kortisol ini adalah “alertness hormone,” atau hormon munculnya rasa waspada karena tubuh kita memproduksi hormon kortisol ini ketika kita sedang berada di dalam tekanan, meningkatkan kewaspadaan diri.

Mengonsumsi kafein di saat kortisol di dalam tubuh sedang diproduksi puncak-puncaknya, mengajarkan tubuh untuk menghasilkan lebih sedikit kortisol. Menurut ahli chronopharmacologists yang mempelajari cara kerja obat-obatan (seperti kafein) berinteraksi dengan ritme biologis alami tubuh, hal ini tidak hanya merusak efek kafein, namun juga membantu melawan efek kortisol.

 (Baca Juga: Bayi Ganteng Mirip Robert Pattinson Jadi Viral di Media Sosial)

Maka dari itu, untuk bisa mendapatkan sentakan terbesar dari meminum kopi pagi, disebutkan sebaiknya dicoba untuk menunggu sekitar satu jam dulu setelah bangun. Satu jam setelah bangun, barulah mulai menyeduk secangkir kopi pertama pada hari itu.

(dno)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini