5 Makanan yang Harus Dihindari Sebelum dan Selama Berada di Pesawat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 16 Januari 2018 05:19 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 15 298 1845316 5-makanan-yang-harus-dihindari-sebelum-dan-selama-berada-di-pesawat-V4K6cXMLcI.jpg Ilustrasi (Foto: Timesofindia)

TRAVELING menggunakan pesawat terbang merupakan salah satu cara terbaik untuk mempersingkat perjalanan menuju tempat tujuan. Namun, hal ini ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Terlebih jika destinasi yang dituju memiliki perbedaan zona waktu, sehingga mau tidak mau Anda akan menempuh perjalanan yang cukup panjang.

Untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar, sebagian besar orang memiliki kecenderungan mengonsumsi makanan dengan harapan dapat memberikan stamina tambahan. Sayangnya, tidak banyak yang tahu bahwa ada beberapa jenis makanan yang justru dapat menimbulkan masalah kesehatan jika dikonsumsi sebelum atau selama perjalanan udara berlangsung.

Dilansir dari Times of India, Selasa (16/1/2018), berikut 5 jenis makanan yang harus Anda hindari ketika plesir menggunakan pesawat terbang.

Cheese burger

Kombinasi keju dan roti ternyata sangat sulit untuk dicerna tubuh. Makanan ini juga dapat menyebabkan bau mulut dan bau badan tidak sedap karena tersendat di saluran pencernaan Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari makanan ini ketika menggunakan transportasi udara.

 (Baca Juga: Setelah Rasa Keringat Gadis, Ayam Goreng Rasa Telapak Kaki Wanita Ada di Jepang!)

Bawang putih

Selain menyebabkan bau mulut, bawang putih juga dapat membuat bau badan Anda tidak sedap. Hal ini disebabkan karena kandungan zat kimia yang terdapat pada makanan tersebut langsung diserap oleh aliran darah. Jika tidak ingin mengganggu orang yang duduk di sebelah Anda, hindarilah konsumsi bawang putih.

Kentang goreng

Untuk membuat kentang goreng, beberapa restoran biasanya akan menggunakan minyak goreng yang banyak. Kandungan minyak inilah yang akan menyebabkan perut mulas dan membuat makanan tersebut memiliki kadar lemak yang sangat tinggi. Tidak hanya itu, jika Anda mengonsumsi makanan ini sebelum lepas landas, bisa mengakibatkan kaki bengkak.

Kopi

Cara terbaik untuk menunggu jadwal penerbangan di bandara adalah dengan menikmati secangkir kopi sambil membaca buku atau koran. Tapi tahukah Anda bahwa minuman ini dapat menyebabkan dehidrasi sehingga akan membuat tubuh merasa tidak nyaman sepanjang perjalanan.

 (Baca Juga: Berpotensi Terkontaminasi Salmonella, Belasan Juta Susu Formula Bayi Ditarik dari Peredaran)

Kacang-kacangan

Tidak hanya kacang, Anda juga harus menghindari beberapa jenis sayuran seperti brokoli dan kubis karena sifat asamnya yang sangat kuat. Makanan tersebut dapat membuat perut Anda kembung, sehingga akan mengurangi kenyamanan saat penerbangan berlangsung.

Apel

Kita semua setuju bahwa apel termasuk salah satu makanan sehat yang ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun sayangnya, buah ini sangat sulit untuk dicerna seperti buah berserat lainnya. Selain itu, hindari pula buah-buahan dengan kandungan vitamin C yang tinggi, karena bisa meningkatkan keinginan buang air kecil.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini