nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Balita Makannya Rakus, Stop dengan Cara Ini agar Tak Obesitas

Vessy Frizona, Jurnalis · Senin 15 Januari 2018 22:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 15 298 1845439 punya-balita-makannya-rakus-setop-dengan-cara-ini-agar-tak-obesitas-VH98p9Iwxn.jpg Ilustrasi (Foto: Netdoctor)

PADA usia balita, anak sedang senang-senangnya mencoba makanan baru. Tak jarang mereka jadi terobsesi dengan makanan sehingga tak bisa mengontrol porsi makan.

Namun, dokter dan ahli gizi menyarankan agar anak-anak makan sesuai porsi yang tepat dan selalu mengkonsumsi makanan sehat. Jika anak-anak makan dalam porsi berlebihan dan banyak mengkonsumsi gula dan junk food, maka pertumbuhan mereka akan terganggu dan menyebabkan obesitas.

 (Baca Juga: Bayar Fotografer Mahal Demi Hasil Bagus, Foto Keluarga Ini Malah Jadi Menyeramkan)

Moms, bila balita Anda sedang hobi makan hingga tak bisa mengontrol nafsu makannya, segera hentikan. Tidak baik bagi anak-anak makan terlalu banyak dan tidak teratur. Melansir dari Parents, Senin (15/1/2018), berikut cara menghentikan obsesi makan si kecil.

Jadwalkan

Doyan dan pilih-pilih makanan umumnya terjadi pada usia balita, namun banyak pula balita yang sangat ingin terus makan dan makan lagi. Cara terbaik untuk mengatasi kebutuhan makanan anak dan menghindari kelebihan kalori adalah tetap ajak anak melakukan rutinitasnya. Makan pagi, makan siang, makan malam, dan memberi kudapan lain setiap hari jadi tidak masalah. Beri mereka banyak air juga.

Alihkan

Anak-anak seusia ini mungkin ingin makan hanya karena mereka bosan. Jika anak Anda meminta makanan di luar jam makanan normal dan makanan ringannya, alihkan perhatiannya. Ajak pergi ke taman, membaca buku, atau menari bersama dengan memutar lagu favoritnya.

Perambat makannya

Makan cepat-cepat membuat anak kecil berisiko tersedak dan menyulitkan mereka menyadari kalau perut sudah penuh. Hindari makan terburu-buru anak dengan mematikan layar apa pun yang ada di hadapan mereka. Minta mereka duduk tenang di meja makan. Jika porsi makan mereka sudah terlalu banyak, beri makanan di piring kecil saja atau beri makanan berserat tinggi, seperti buah dan sayuran lembut. Biarkan mereka mengunyah.

 (Baca Juga: Potret Mendiang Putri Diana Jadi Ibu Sesungguhnya, hingga Rela 'Dikubur' di Pasir)

Tegas

Ya, sulit memang terus mengatakan "tidak" saat anak meminta kue berkali-kali. Selain itu orangtua sering tak sampai hati jika anak sudah meratap dan mengemis meminta kue. Tapi memberi makanan begitu saja, sama dengan mengajarkan mereka mengemis. Coba ganti dengan minuman hangat, minuman hangat bisa membuat perut tidak lapar. Dan, jelaskan "Ini bukan waktunya makan snack."

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini