nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konsumsi Minyak Kelapa Murni Turunkan Risiko Penyakit Jantung Kronis

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 15 Januari 2018 17:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 15 481 1845136 konsumsi-minyak-kelapa-murni-turunkan-risiko-penyakit-jantung-kronis-JG5UQGOg6z.jpg Minyak kelapa (Foto: Boldsky)

MINYAK kelapa punya khasiat yang mengejutkan untuk melawan penyakit. Salah satunya yakni mencegah penyakit kardiovaskular yang kerap dialami orang zaman sekarang.

Baru saja ada studi yang menyebutkan, seseorang yang mengonsumsi minyak kelapa selama empat minggu berturut-turut dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

 (Baca Juga: Ketiga Anaknya Meninggal di Tanggal yang Sama, Apa yang Sebetulnya Terjadi?)

Periset Kay-Tee Khaw dan Profesor Nita Forouhi dari Universitas Cambridge melakukan penelitian terhadap 94 relawan berusia antara 50 dan 75 tahun. Mereka tidak memiliki riwayat penyakit jantung atau diabetes.

Dalam studi ini, ada pembagian peserta menjadi tiga kelompok. Masing-masing diminta untuk mengkonsumsi 50 gram atau kira-kira tiga sendok makan minyak kelapa. Mereka juga diminta untuk konsumsi extra virgin minyak zaitun atau mentega tawar setiap hari selama empat minggu.

Peneliti ingin menganalisis bagaimana makan lemak ini secara teratur akan mempengaruhi tingkat kolesterol para responden.Temuan menunjukkan seseorang yang mengonsumsi mentega melihat kenaikan rata-rata 10% pada kadar kolesterol LDL, yang dikenal sebagai kolesterol jahat.

Kemudian, responden yang mengonsumsi minyak zaitun mengalami sedikit penurunan kadar kolesterol jata. Mereka juga mengalami peningkatan kadar kolesterol baik yang bermanfaat sekira 5%.

“Seseorang dnegan kadar kolestero baik, pasti akan jauh dari penaykit jantung dan stroke,” ujar Khaw, dilansir Thehealthsite, Senin (15/1/2018).

Sementara itu, pada responden yang mengonsumsi minyak kelapa mengalami kenaikan kadar HDL atau kolesterol baik sekira 15%. Anda bisa mengganti kebiasaan yang tadinya suka menggunakan minyak goreng untuk masak, coba ganti dnegan minyak kelapa.

"Saya pikir keputusan untuk mengkonsumsi minyak tertentu bergantung pada lebih dari sekedar efek kesehatan," kata para peneliti.

Minyak kelapa mengandung kaya nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Minyak ini murni dibuat dari bahan baku kelapa segar, lalu diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali, serta tanpa bahan kimia.

 (Baca Juga: Bayi Ganteng Mirip Robert Pattinson Jadi Viral di Media Sosial)

Dengan demikian, minyak kelapa tersebut memiliki kandungan senyawa-senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh dalam keadaan yang tetap utuh.Minyak kelapa murni dengan kandungan utama asam laurat ini memiliki sifat antibiotik, antibakteri dan jamur. Bagaimana, tertarik mengonsumsinya?

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini