nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sederet Manfaat Teh Hitam untuk Tubuh, Salah Satunya Jaga Kesehatan Jantung

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 15 Januari 2018 15:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 15 481 1845158 sederet-manfaat-teh-hitam-untuk-tubuh-salah-satunya-jaga-kesehatan-jantung-jykXpiGYrp.jpg Manfaat teh hitam untuk kesehatan (Foto:Servingjoy)

BANYAK orang yang mengawali hari dengan menyesap secangkir teh. Bila Anda termasuk orang seperti itu dan teh hitam menjadi pilihan, itu berarti Anda beruntung. Mengapa demikian? Alasannya karena teh hitam kaya akan manfaat bagi tubuh.

Teh hitam mengandung antioksidan dan fitonutrien yang membantu tubuh membuang racun serta membuat proses penyembuhan lebih cepat. Polifenol yang terkandung di dalamnya memiliki kadar natrium, protein, dan karbohidrat minimal. Selain itu, kandungan kafeinnya lebih rendah sehingga aman untuk lambung.

Melansir Boldsky, Senin (15/1/2018), inilah manfaat teh hitam bagi tubuh;

BACA JUGA:

Rajin Sit Up Saja Belum Cukup, Lakukan 6 Langkah Ini untuk Kecilkan Perut dengan Cepat!

Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan flavon dalam teh hitam membantu memperbaiki kesehatan jantung. Para ahli mengklaim meminum tiga cangkir atau lebih teh hitam setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

 

Menurunkan risiko kanker ovarium

Teh hitam mengandung theaflavin yang menghambat pertumbuhan sel kanker ovarium. Hal ini tentu bermanfaat bagi wanita karena menurunkan risiko kanker ovarium.

Menurunkan risiko diabetes

Kandungan katekin dan theaflavin menurunkan risiko diabetes tipe 2 karena mampu membuat tubuh lebih sensitif terhadap insulin.

Melancarkan pencernaan

Ketika seseorang mengonsumsi teh hitam, jumlah mikroba baik pada usus akan meningkat. Hal itu lantaran polifenol berperan sebagai prebiotik. Dengan jumlah mikroba baik yang lebih banyak tentunya dapat memperlancar proses pencernaan.

Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian menyatakan teh hitam membantu mengurangi 11,1% kolesterol LDL. Hal ini tentu bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki kolesterol tinggi.

Meningkatkan imunitas

Antioksidan yang terkandung dalam teh hitam membantu menghilangkan radikal bebas oksigen karena turut membersihkan dan mengembalikan sel normal, menjaga fungsi tubuh, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Meningkatkan kesehatan tulang

Menurut para ahli, meminum teh hitam secara rutin dapat mengembalikan kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang pada orangtua. Hal itu lantaran teh hitam merupakan pengganti kalsium.

Mengurangi risiko Parkinson

Kandungan polifenol pada teh hitam memiliki efek perlindungan saraf pada otak. Sebuah penelitian mengungkapkan kafein dalam teh hitam berbanding terbalik dengan penyakit Parkinson.

Menurunkan berat badan

Penelitian mengungkapkan teh hitam membantu mengurangi lemak visceral atau lemak perut dengan cara mengurangi gen yang merangsang peradangan. Hal itulah yang membuat teh hitam dapat mencegah obesitas dan peradangan.

Mengurangi risiko batu ginjal

Teh hitam membantu mengurangi risiko pembentukan batu ginjal hingga 8%.

BACA JUGA:

Ketiga Anaknya Meninggal di Tanggal yang Sama, Apa yang Sebetulnya Terjadi?

Meredakan asma

Para ahli telah menemukan bahwa kandungan flavonoid di teh hitam akan memberi efek menguntungkan pada penderita asma.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini