Pengobatan Tradisional untuk Atasi Penyakit yang Menyerang Sendi

Ajeng Dwiri Banyu, Jurnalis · Senin 15 Januari 2018 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 15 481 1845283 pengobatan-tradisional-untuk-atasi-penyakit-yang-menyerang-sendi-8wYzfiqp5Z.jpg Nyeri sendi (Foto: Shutterstock)

TERLALU banyak aktivitas bisa menyebabkan tubuh mudah lelah dan sakit pada persendian. Penyakit yang berhubungan dengan persendian dan sering terjadi adalah Rheumatoid Arthritis (RA) dan berdampak dalam menurunkan berat badan penderitanya.

Rheumatoid Arthritis adalah penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh yang biasanya melindungi kesehatan dengan menyerang zat asing seperti bakteri justru secara keliru menyerang sendi pada tubuh.

Penyakit ini dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kaku pada persendian. Gejala biasanya mempengaruhi lulut, pinggul, dan bagian tangan. Sebuah studi juga mengatakan bahwa wanita berisiko lebih tinggi terkena Arthritis daripada pria setelah beusia 40 tahun.

Pengobatan untuk penyakit ini bisa dilakukan secara tradisional dengan obat anti-inflamasi dan obat penghilang rasa sakit. Hal inilah yang menyebabkan beberapa orang memilih untuk menggunakan pengobatan alami. Nah, berikut beberapa cara alami untuk meringankan nyeri pada sendi seperti dilansir Hindustantimes.

 (Baca Juga: Ketiga Anaknya Meninggal di Tanggal yang Sama, Apa yang Sebetulnya Terjadi?)

Akupuntur

Bentuk pengobatan yang berasal dari China ini adalah dengan memasukkan jarum tipis pada titik-titik tertentu di tubuh dan telah dirancang untuk merangsang saraf, otot, dan jaringan ikat. Banyak ahli kesehatan yang merekomendasikan hal ini karena cepat dalam menenangkan rasa sakit pada sendi. “Akupuntur sering digunakan untuk mengobati kondisi musculoskeletal lainnya seperti tulang, otot, dan kondisi nyeri termasuk nyeri kronis, seperti sakit leher, nyeri sendi, sakit gigi, dan nyeri pasca operasi.” ujar Dinas Kesehatan Nasional.

Turunkan Berat Badan

Kehilangan satu pon berat pada tubuh dapat menghilangkan tekanan empat pon pada sendi yang bengkak dan nyeri. Anda dapat mempertahankan berat badan yang sehat dengan menggabungkan diet seimbang dengan aktivitas biasa.

Tai Chi

Metode dari Tionghoa ini menggabungkan gerakan mengalir lembut serta bernafas seperti sedang melakukan meditasi. Pengobatan dengan metode ini terbukti tidak hanya mengurangi nyeri pada sendi namun juga memperbaiki jangkauan gerak dan fungsi sendi pada tubuh.

(Baca Juga: Bayi Ganteng Mirip Robert Pattinson Jadi Viral di Media Sosial)

Perbanyak Konsumsi Ikan

Beberapa jenis ikan mengandung banyak asam lemak omega 3 yang bagus untuk mengurangi peradangan yang terjadi di tubuh. Dengan alasan inilah, para ahli merekomendasikan untuk memakan ikan setidaknya tiga sampai empat ons ikan dua kali dalam seminggu. Ikan yang masuk ke dalam kategori ini adalah salmon, tuna, mackerel, dan herring.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini