5 Tipe Teman yang Harus Dihindari, Tukang Gosip Salah Satunya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 16 Januari 2018 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 16 196 1845787 5-tipe-teman-yang-harus-dihindari-tukang-gosip-salah-satunya-ZKmE10x3t6.jpg Type teman harus dihindari (Foto:Ist)

SEBAGAI mahluk sosial, setiap manusia memang membutuhkan kehadiran pribadi manusia lainnya.

Oleh karenanya, menjalin pertemanan dengan orang lain jadi hal yang penting untuk bersosialisasi sehari-hari. Entah itu dengan rekan sejawat di lingkungan tempat bekerja, ataupun teman-teman di masa sekolah.

BACA JUGA:

Ide Seru Bermain Bersama Anak di Rumah seperti Raffi Ahmad dan Rafathar

Namun, dalam menjalin pertemanan, sudah sewajarnya kita bisa memilah-milah mana pribadi yang baik dan pantas dijadikan teman dan mana yang tidak. Sebab, akan menjadi hal yang sia-sia jika kita menghabiskan waktu dan energi untuk berteman dengan orang yang tidak tepat, karena seharusnya kita menggunakan waktu yang berharga untuk menikmati pertemanan yang menyenangkan dan sehat bukan? Jadi, perhatikan dulu tipe-tipe teman yang harus dihindari. Apa saja? Ini dia paparan singkatnya.

1. Negatif :

Setiap orang wajar jika mengalami turun naik alias perubahan mood, namun jika terus menerus memiliki pandangan negatif tentang kehidupan pastinya akan membuat risih. Di saat kita ingin berbagi hal yang positif dan menyenangkan, tipe teman seperti ini bisa mematahkan semangat dan merusak suasana dengan pandangan atau pemikirannya yang selalu negatif, yang bisa disebabkan mungkin karena dirinya tidak pernah bahagia dengan dirinya sendiri, sehingga sulit atau bahkan tidak pernah merasa ikut bahagia karena teman-teman di sekitarnya.

2. Tukang gosip :

Tipe teman seperti ini biasanya merasa selalu harus mengetahui semua urusan orang lain, entah itu teman atau bukan. Tipe orang seperti ini akan mencoba mengulik segala sesuatu. Selain itu, tipe teman seperti ini memiliki kecenderungan untuk menyebarkan rahasia orang, maka berhati-hatilah terhadap apa yang kita katakan terhadap teman seperti ini karena kita tidak pernah tahu kapan mereka bisa saja mengungkapkan semua hal.

3. Bermuka dua :

Lain lagi dengan tipe teman bermuka dua, teman bermuka dua disebutkan akan cepat berbicara tentang seseorang, bahkan seseorang yang mereka klaim dekat dengan dirinya. Two-facer adalah tipe orang dan teman yang sebaiknya jangan pernah dipercayai, karena mereka kemungkinan besar juga berbicara tentang diri Anda kepada orang lain.

4. Cari perhatian :

Setiap orang wajar jika terkadang merasa sedikit egois, terlebih lagi jiak menyangkut hal atau sesuatu yang dibanggakan. Nah, tipe teman yang cari perhatian tidak akan membiarkan orang lain memiliki 'spotlight' alias perhatian dari orang lain sebab segala sesuatu harus selalu menyangkut dirinya. Teman yang cari perhatian ini, disebutkan akan selalu fokus pada diri sendiri dan membagi dengan detail yang sebenarnya tidak orang lain pedulikan. Tipe 'caper' ini biasanya lantang dan menjengkelkan, terutama jika berada sekitar kumpulan laki-laki atau sekelompok teman.

BACA JUGA:

Sebelum Putuskan Nikah dengan Orang yang Pernah Cerai, Perhatikan 4 Hal Ini

5. Kompetitif :

Kompetisi yang bersahabat adalah hal yang menyenangkan, namun akan lain ceritanya jika di dalam sebuah pertemanan ada seseorang yang terlalu kompetitif, sehingga akan membuat pertemanan jadi melelahkan karena orang tipe seperti ini merasa harus selalu menang. Apapun yang kita lakukan atau kita bicarakan, si teman kompetitif ini akan membuat seolah-olah diri mereka telah melakukan sesuatu yang lebih baik. Tipe teman kompetitif ini diketahui akan sangat jarang terlihat bahagia karena keberhasilan atau kesuksesan orang lain, sebab mereka merasa dirinya selalu perlu di posisi paling terbaik paling atas. Demikian seperti diwarta Theodysseyonline, Selasa (16/1/2018).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini