Yuk Intip Proses Pembuatan Bir Belgia lewat Tur Keliling Museum Bir Schaerbeek

Dada Sathilla, Jurnalis · Selasa 16 Januari 2018 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 16 298 1845523 yuk-intip-proses-pembuatan-bir-belgia-lewat-tur-keliling-museum-bir-schaerbeek-f2CHk9KZ7X.jpg Museum Bir Belgia (Foto: Sabra Sathilla/Kontributor)

BIR merupakan salah satu produk kebanggaan Belgia selain frites atau french fries dan cokelat. Kalau traveling ke Belgia memang perlu mencicipi bir buatan Belgia yang terkenal enak. Rasa bangga terhadap bir buatan dalam negeri bahkan membuat orang Belgia membuka museum bir dan tur bir yang banyak menarik kunjungan wisatawan di Brussels.

Ada dua museum bir di Brussels. Salah satunya bernama Schaerbeek museum of beer. Museum yang terletak di kawasan Schaerbeek, Brussels ini memamerkan lebih dari 1.000 botol bir Belgia beserta gelasnya, baik bir modern hingga bir zaman dulu yang kini sudah tak diproduksi lagi.

Baca Juga:

Penikmat bir bisa juga mempelajari proses pembuatan bir dengan melihat mesin pembuat bir, peralatan, iklan hingga arsip seputar bir. Jangan lewatkan juga melihat bar bir yang sudah ada sejak awal periode 1900-an di dalam museum unik ini.

Museum bir yang kedua berada di area Grand Place atau alun-alun kota Brussels. museum bir ini bernama resmi museum of Belgian brewers. Museum ini memaparkan sejarah pembuatan bir dan keunikan bir Belgia. Dengan membayar tiket masuk sebesar 5 Euro atau sekitar Rp82.000 ribu Anda bisa menjelajah museum ini.

Museum of Belgian brewers berada di ruang bawah tanah dari bekas rumah pembuatan bir. Jadi suasana di dalam museum seperti berada di dalam bar abad pertengan Eropa. Disini bisa dilihat peralatan membuat bir yang kuno maupun modern. Pengunjung juga bisa menonton video mengenai sejarah pembuatan bir Belgia, bahan- bahan hingga resepnya. Serunya lagi, setiap pengunjung akan diberikan satu gelas bir gratis yang bisa diambil di bar di dalam museum.

Jika masih penasaran dengan bir Belgia yang terkenal enak itu, anda bisa ikut tur brewery bir Belgia. Dengan ikut tur ini bisa mengamati proses pembuatan bir asli Belgia dan mencicipinya. Tur brewery Cantillon mengajak turis untuk melihat proses pembuatan bir berjenis Lambic.

Tur brewery lainnya adalah Brussels beer project yang berada di Rue Dansaert 188. Tur ini akan mengajak anda melihat proses pembuatan bir Belgia moderen langsung dari pabrik - pabriknya. Bila ingin ikut tur Brussels beer project mesti mengikuti jadwal mereka karena tur hanya berlangsung setiap hari kamis dan jumat dari pukul 14.00-22.00 malam.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini