Pemerintah Swiss Keluarkan Aturan yang Melarang Lobster Direbus Hidup-Hidup dalam Air Mendidih

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 16 Januari 2018 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 16 298 1845571 pemerintah-swiss-keluarkan-aturan-yang-melarang-lobster-direbus-hidup-hidup-dalam-air-mendidih-0Z6xDuxYCh.jpg Lobster (Foto: Mirror)

BERKUNJUNG ke obyek wisata yang dikelilingi laut belum lengkap rasanya bila tidak mencicipi seafood. Terlebih makanan itu sangat mudah ditemui di sekitaran pantai. Sejumlah restoran seakan berlomba-lomba untuk menawarkan sajian terbaik mereka kepada para wisatawan yang datang.

Cara pengolahan makanan laut pun beragam. Ada yang dibakar, direbus, hingga ditumis dan dikombinasikan dengan bahan makanan lain. Mungkin Anda pernah melihat pengolahan hewan laut menjadi makanan langsung yang direbus begitu saja di dalam air mendidih secara hidup-hidup. Membayangkannya saja bisa jadi membuat Anda bergidik ngeri.

Melansir laman Metro, Selasa (16/1/2018), pemerintah Swiss kini telah mengeluarkan kebijakan baru untuk tidak mengolah lobster secara hidup-hidup meskipun cara itu banyak digunakan oleh restoran seafood di berbagai belahan dunia. Banyak orang yang menganggap hewan laut tidak bisa merasakan sakit saat direbus langsung dalam air mendidih, namun tidak demikian dengan pemerintah Swiss. Sebab para ilmuwan telah mengungkapkan fakta mengenai hak hewan.

Para ilmuwan sepakat bahwa hewan yang tergolong krustasea seperti lobster, kepiting, dan udang memiliki sistem saraf yang sangat canggih dan cukup kompleks sehingga bisa merasakan betapa sakitnya saat direbus hidup-hidup. Berdasarkan fakta itu, pemerintah mengambil tindakan untuk melakukan perombakan besar pada undang-undang perlindungan hewan. Setelah dilakukan perombakan, praktik menenggelamkan lobster hidup ke dalam air mendidih tidak lagi diizinkan.

Peraturan itu rencananya mulai diberlakukan pada 1 Maret 2018 mendatang. Pemerintah mengimbau agar pihak restoran maupun penduduk yang hendak mengolah lobster harus memberi jeda sebentar sebelum membuat hewan tidak bernyawa dan baru kemudian diolah menjadi masakan. Menurut penyiar publik Swiss yaitu RTS, satu-satunya metode pemukulan hewan yang dapat diterima adalah kejut listrik atau penghancuran mekanis di otak lobster.

Selain melarang merebus lobster secara hidup-hidup, pemerintah Swiss juga melarang penduduk setempat untuk mengangkut hewan krustasea lainnya menggunakan es atau air dingin. Cara yang harus dilakukan untuk menangkap hewan adalah mengambil langsung dari lingkungan tempat tinggalnya yang alami. Hmm, bagaimana menurut Anda tentang kebijakan baru Pemerintah Swiss ini?

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini