nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Makan Berlebihan, 7 Jenis Kuliner Ini Sebabkan Bau Badan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 17 Januari 2018 07:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 16 298 1845909 jangan-makan-berlebihan-7-jenis-kuliner-ini-sebabkan-bau-badan-sllfj4Guy1.jpg Makan daging merah sebabkan bau badan (Foto:Ist)

MENURUT ahli kulit, ternyata ada beberapa jenis makanan tertentu yang secara alami dapat menimbulkan bau badan tak sedap. Tidak hanya itu, ada juga makanan yang memiliki reaksi kimia ketika dicerna dalam tubuh. Misalnya, konsumsi alkohol secara berlebihan akan menyebabkan terciptanya asam asetat yang akan mengeluarkan bau tak sedap melalui keringat yang dikeluarkan pori-pori kulit.

Nah, bagi Anda yang ingin mengurangi atau menghilangkan bau badan, berikut Okezone rangkumkan 7 jenis makanan penyebab bau badan yang harus Anda hindari. Sebagaimana dilansir dari Times of India, Rabu (17/1/2018).

 BACA JUGA:

Alpukat Juga Lezat Jika Dipanggang, Ini Resepnya!

 

Daging merah

Bahan makanan yang satu ini sangat sulit untuk dicerna, ia juga dapatmeninggalkan residu tertentu yang selanjutnya akan bereaksi dengan bakteri tertentu. Reaksi inilah yang akan menyebabkan keringat dengan bau yang tidak sedap.

Bawang putih

Seperti diketahui kandungan yang terdapat pada bawang putih akan diserap langsung oleh aliran darah, sehingga akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, hindarilah konsumsi bawang putih jika Anda hendak melakukan kencan pertama dengan sang kekasih.

 

Ikan

Menurut laporan JAMA Network, orang-orang yang mengonsumsi ikan secara rutin ternyata memiliki aroma tubuh yang tidak sedap.dan cenderung amis Hal ini disebabkan karena tubuh mereka tidak bisa memecah senyawa trimethylamine yang terdapat pada ikan. Kelainan metabolic ini juga dikenal dengan sebutan ‘trimethylaminuria’.

Asparagus

Saat Anda mengonsumsi asparagus, tubuh akan memecah senyawa sulfat (mercaptan) yang terdapat pada sayuran tersebut. Senyawa itulah yang akan menyebabkan bau badan tak sedap, terlebih jika Anda mengonsumsi asparagus dalam jumlah besar.

BACA JUGA:

Unik, Sekarang Anda Bisa Mencicipi Rainbow Cheese Chicken Wings

Alkohol

Menurut para ahli kesehatan, mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan terciptanya asam asetat dan melepaskanya melalui keringat dan nafas Anda. Semakin banyak Anda mengonsumsi alkohol, aroma yang dihasilkan pun akan semakin mengerikan. Jadi sebaiknya Anda mengendalikan konsumsi alkohol.

Kopi

Kopi dikenal karena memiliki sifat diuretiknya yang dapat mengeringkan mulut, serta memicu pertumbuhan bakteri yang akan menciptakan bau tak sedap pada bagian mulut dan badan.

Kol

Semua sayuran yang berasal dari keluarga brassica seperti kembang kol, brokoli, dan kubis, memiliki kadar sulfur yang sangat tinggi. Bahan kimia ini memiliki bau yang tidak sedap, sehingga bila dikonsumsi terlalu banyak akan memperburuk bau badan. Untuk mengakalinya, Anda bisa menambahkan lebih banyak rempah beraroma khas seperti jintan, kayu manis, dan kapulaga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini