nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Agar Bisa Tidur Nyenyak di Pesawat

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 16 Januari 2018 09:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 16 406 1845533 5-tips-agar-bisa-tidur-nyenyak-di-pesawat-icNtJz6iYG.jpg Tidur di Pesawat (Foto: Thisisinsider)

PERJALANAN jauh dengan pesawat bisa jadi membosankan. Pasalnya, meskipun ada beragam hiburan, tetap saja perjalanan udara terasa menyebalkan, karena ada beberapa faktor seperti turbulensi, cuaca tidak bagus, lalu lintas udara padat, hingga suasana di dalam pesawat tidak menyenangkan.

Beberapa orang, memilih untuk tidur agar kebosanannya teralihkan. Tapi, tidur dalam pesawat tidak akan pernah bisa senyaman dan senyenyak tidur di rumah. Untuk itu, agar tidur Anda terasa lebih nyaman dan nyenyak di dalam pesawat, This is Insider memberikan tips untuk Anda, Selasa (16/1/2018).

1. Pakai baju yang nyaman

Pakaian yang nyaman bisa membantu Anda agar tidur lebih nyaman di dalam pesawat selama penerbangan. Cobalah kenakan hoodue besar atau pashmina di leher. Jangan lupa juga kaus kaki tebal.

"Pada penerbangan jauh, ada baiknya memakai pakaian yang nyaman dan sepatu yang longgar, karena tekanan, tubuh kita akan membengkak, dan tidak akan terasa nyaman jika mengenakan sepatu yang terlalu sempit," ucap pramugari Southwest Airlines, Emily Witkop.

Namun, Emily juga menuturkan, jangan memakai piyama di dalam pesawat, karena itu akan teelihat buruk. Selain itu, jangan pula melepas sepatu selama penerbangan, tetap kenakan saja sampai mendarat.

2. Membawa dan mengenakan aksesoris tidur

Membawa bantal leher dan penutup mata selama perjalanan udara tidak ada salahnya. Sebab, kedua benda itu bisa membantu Anda untuk tidur lebih nyaman di dalam pesawat. Selain kedua benda utama tersebut, bawa juga headset dan pemutar musik yang bisa merileks kan pikiran Anda, jadi tidur pun lebih nyaman dan mudah.

"Saya biasanya membawa masker mata, bantal leher, dan headset untuk menyumbat telinga dan mendengarkan musik yang bisa merileksasikan," kata pramugari Kelly B.

3. Manfaatkan sisi jendela pesawat

Jika Anda memang berniat untuk tidur, pilihlah kursi yang berdekatan dengan jendela. Manfaatkan sisi tersebut sebagai sandaran, dengan sebelumnya menaruh bantal kecil yang dibawa dari rumah.

"Pada sebagian besar perjalanan, saya selalu memilih kursi yang dekat jendela, agar bisa menyandarkan kepala dan tidur dengan nyenyak," ungkap pramugari Lauren Mclaughin.

4. Makan makanan sehat

Kara seorang pramugari salah satu maskapai menyarankan, penumpang sebaiknya meminum lebih banyak air daripada alkohol. Pasalnya, air bisa menghindari Anda dari dehidrasi lebih baik daripada minuman beralkohol.

Selain itu, dengan minum air putih, penumpang juga bisa terhindar dari gastrointestinal, yang bisa menyulitkan Anda untuk tidur nyenyak, dan mengacaukan ritme tubuh Anda. Sebaiknya, ketika dalam perjalanan, hindari juga makan berlebihan.

5. Memanfaatkan penerbangan yang tidak penuh

Inilah saat yang menyenangkan, jika Anda kebagian kursi yang tidak berada dekat jendela, maka mintalah izin pada pramugari untuk pindah kursi. Dengan seperti ini, Anda bisa memanfaatkan keadaan dan sisi dekat jendela untuk bersandar, serta tidur lebih nyenyak, daripada duduk di bagian tengah atau sisi lorong pesawat.

"Saya pernah memindahkan ibu dengan bayinya ke tiga tempat duduk, sehingga bayi bisa tidur lebih nyaman dan ibunya bisa sedikit santai karena tempat duduk lebih luas. Mereka gembira dan bayinya pun tidak menangis," ucap salah seorang pramugari.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini