nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar Artis yang Juga Terkena Gangguan Bipolar seperti Dolores O'Riordan

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 16 Januari 2018 11:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 16 481 1845592 daftar-artis-yang-juga-terkena-gangguan-bipolar-seperti-dolores-o-riordan-KaiMtRaJPL.jpg Demi Lovato (Foto: Maxfm)

KABAR mengejutkan datang dari dunia musik internasional. Vokalis grup band The Cranberries, Dolores O'Riordan ditemukan tidak bernyawa di sebuah kamar hotel di London. Hingga saat ini masih belum diketahui secara jelas penyebab meninggalnya perempuan berusia 46 tahun itu. Akan tetapi, Dolores diketahui mengidap bipolar.

Bipolar adalah gangguan kesehatan mental yang memengaruhi perubahan suasana hati secara ekstrem. Orang-orang yang mengidapnya dapat mengalami depresi berat, mudah merasa gembira, hiperaktif, sangat banyak bicara, mengalami gangguan tidur, halusinasi, mudah marah, mudah terganggu, dan memiliki perilaku impulsif. Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja dalam usia berapapun namun lebih sering terdiagnosis pada usia remaja.

Bipolar terbagi menjadi dua jenis yaitu tipe I dan tipe II. Para ahli mengungkapkan penyebab penyakit ini lantaran adanya perubahan fisik di otak yang terjadi karena ketidakseimbangan neurotransmitter atau zat kimia otak dan riwayat keluarga.

BACA JUGA:

Dolores bukanlah satu-satunya artis yang mengidap bipolar. Melansir berbagai sumber, Selasa (16/1/2018) berikut deretan artis yang terkena penyakit tersebut:

Demi Lovato

Penyanyi kelahiran 1992 ini diketahui mengidap bipolar setelah menjalani rehabilitasi untuk mengatasi depresi, gangguan makan, dan menyakiti diri sendiri pada 2010. Kini setelah melewati berbagai terapi dan pengobatan, Demi Lovato merasa lebih baik. Baginya kebahagiaan dengan bipolar dapat diraih bila ia bisa mengendalikan diri.

Catherine Zeta-Jones

Artis yang dikenal melalui film The Mask of Zorro di 1998 itu diketahui mengidap bipolar setelah mencari pengobatan untuk penyakitnya. Pada April 2011, Catherine Zeta-Jones mengungkapkan ia mengidap gangguan bipolar II yang ditandai dengan episode hypomania. Artis pemenang Academy Award itu mengalami tingkat keparahan dan iritabilitas yang tidak terlalu parah serta bergantian dengan depresi.

Sinéad O'Connor

Penyanyi asal Irlandia ini mulai mengalami depresi di usia 20-an. Seiring berjalannya waktu, depresi Sinéad O'Connor terus memburuk hingga memunculkan pikiran untuk bunuh diri. Ia pun akhirnya memutuskan untuk melakukan pemeriksaan dan didiagnosis mengidap gangguan bipolar pada usia 37 tahun. Dalam sebuah acara di stasiun televisi, Sinéad mengungkapkan obat-obatan membantunya untuk membangun kehidupan.

Robin Williams


Aktor kawakan ini sempat membuat penggemarnya di seluruh dunia kaget karena memutuskan mengakhiri hidupnya pada 2014 lalu. Setelah kabar kematiannya, Robin Williams diketahui mengidap bipolar dan depresi. Ia harus menghadapi semuanya itu selama bertahun-tahun.

BACA JUGA:

Marshanda

Beberapa tahun lalu, tepatnya 2009, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan video yang memperlihatkan Marshanda marah-marah kepada teman sekolahnya. Dalam video yang diunggah ke situs berbagi video, YouTube itu, Marshanda tampak mengalami perubahan emosi seperti menangis dan gembira hingga menari-nari. Kemudian ia diketahui mengidap gangguan bipolar dan harus menjalani perawatan selama beberapa hari di rumah sakit.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini