nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Langkah-Langkah Detoks agar Tubuh Kembali Segar di Tahun yang Baru

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 16 Januari 2018 15:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 16 481 1845736 langkah-langkah-detoks-agar-tubuh-kembali-segar-di-tahun-yang-baru-DBliZYltGO.jpg Detoks tubuh agar kembali sehat (Foto:Dailymail)

MEMULAI hidup yang sehat adalah langkah yang tepat untuk memulai tahun yang baru. Mungin Anda di tahun sebelum-sebelumnya sangat jarang melakukan olahraga kemudian makan sembarang, sehingga berdampak pada kesehatan sekarang. So, ini momen yang tepat untuk melakukan perubahan yang baik.

Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah memulai membiasakan diri untuk menyantap sayuran dan buah yang cukup. Tak terkecuali konsumsi air putih yang seimbang agar tubuh bagian dalam Anda terjaga dengan baik.

Selain itu, ada cara lain yang bisa Anda lakukan, ayitu detoksifikasi. Ya, dengan melakukan detoks, dipastikan semua kotoran yang ada di tubuh Anda terbuang dengan sempurna, alhasil tubuh Anda pun hanya menyimpan sesuatu yang baik.

BACA JUGA:

Kemenkes Tegaskan Balita di Asmat Meninggal Dunia Akibat Komplikasi Campak

Dikutip dari Daily Mail, Selasa (16/1/2018), baru-baru ini seorang ahli gizi Australia Fiona Tuck mengungkapkan tanda-tanda bahwa tubuh Anda sudah cukup atas apa yang telah diproses setahun penuh dan bagaimana Anda kembali membersihkan semua itu dan membuatnya seperti baru kembali.

Yang mesti diperhatikan di sini, siapa saja sih yang bisa ikut detoks semacam ini?

Pada dasarnya semuanya bisa. Apalagi mereka yang berusia produktif. Dimana pastinya mereka banyak mengonsumsi makanan yang kurang sehat ditambah dengan jam istirahat yang kurang baik.

Fiona menyoroti, ketika sekarang-sekarang ini Anda sering terserang jerawat, kelelahan berkepanjangan, lingkaran hitam di bawah mata, kembung, masalah otak, sampai mual-mual, itu adalah tanda bahwa tubuh Anda memang butuh detoksifikasi.

Yang bisa Anda lakukan adalah selama beberapa hari menjelang hari H detoks, perlahan kurangi asupan teh, kopi, alkohol, garam, dan makanan olahan lainnya. Hal ini akan mengurangi kemungkinan efek samping detoks dan gejala lainnya seperti kelelahan, ngidam berlebih, mual, atau sakit kepala.

Hal lain yang bisa dilakukan, sambung Fiona adalah menghindari total alkohol, asap rokok, makanan olahan tinggi gula dan garam, serta daging olahan. Anda juga harus menahan diri untuk tidak menambahkan gula ke minuman, garam ke makanan, dan membatasi kopi.

BACA JUGA:

Melihat Museum Bahari Sebelum Terbakar, Bangunan Bersejarah Peninggalan VOC

Selanjutnya, Fiona menambahkan, Anda juga harus memikirkan untuk mau mengonsumsi buah atau sayuran, atau makanan organik lainnya. Kemudian, kurangi mengonsumsi makanan yang dipanaskan ulang.

Terkait dengan konsumsi buah dan sayur, menurut Fiona, pastikan Anda banyak mengonsumsi buah dan sayur. Ini sangat penting agar asupan serat tubuh tercukupi dan detoks berjalan dengan baik. Sedikit informasi, serat membantu mengeluarkan racun dari sistem pencernaan, membantu menjaga gula darah tubuh, kolesterol, dan keseimbangan hormon, dan yang tak kalah penting membantu mengatur fungsi usus manusia.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini