Manfaat Biji Wijen Mulai dari Menutrisi Rambut Sampai Pencernaan

Ajeng Dwiri Banyu, Jurnalis · Rabu 17 Januari 2018 05:21 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 16 481 1845898 manfaat-biji-wijen-mulai-dari-menutrisi-rambut-sampai-pencernaan-s7wPda8WnA.jpg Biji wijen (Foto: Organicfacts)

WIJEN telah dikenal sebagai bahan tradisional untuk beberapa terapi yang dilakukan berbagai negara. Antioksidan alami dan SPF dalam wijen dapat menjaga kulit tetap terlindungi dari sinar UV matahari serta melindungi dari radikal bebas.

Komponen dalam biji wijen, seperti magnesium dapat membantu dalam menjaga kadar insulin dan glukosa sehingga mengurangi kemungkinan diabetes. Menurut para ahli, biji wijen memiliki manfaat kesehatan karena sifat antioksidan yang ada dalam biji dalam membantu anti penuaan.

Melansir dari Indianexpress, memanfaatkan khasiat biji wijen harus diaplikasikan dengan cara yang benar dan tepat. Ahli nutrisi, Nmami Agarwal dan Amit Sarda, seorang Managing Director di Soulflower membagikan beberapa masukan yang bisa Anda coba di rumah. Berikut ulasannya.

Mencerahkan Kulit

Biji wijen mempunyai manfaat dalam mencerahkan kulit dan membantu penyembuhan kulit. Kandungan kaya akan sifat anti-inflamasi dalam biji wijen berguna untuk kemerahan pada kulit dan masalah kulit wajah lainnya dengan cara menyingkirkan patogen yang menyebabkan infeksi kulit. Hal inilah yang membuat kulit tetap hangat dan lembab.

Cara pengaplikasiannya juga mudah yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan minyak zaitun dan dua sendok makan biji wijen bubuk. Oleskan campuran ini ke wajah Anda dan ratakan. Ulangi hal yang sama selama satu atau dua kali dalam seminggu.

Menutrisi Rambut

Seperti yang diketahui, manfaat wijen tidak hanya bagus untuk kulit namun juga rambut. Asam lemak omega yang terkandung dalam biji wijen dapat memicu pertumbuhan rambut dengan memberi nutrisi pada akar. Selain itu, minyak wijen juga diketahui membantu dalam melembabkan kulit kepala dan memperbaiki sirkulasi darah dengan meremajakan folikel rambut.

Cara pembuatannya adalah dengan menambahkan dua sendok teh minyak wijen ke 2-3 tetes minyak esensial rosemary serta satu sendok makan gel aloe vera. Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan pijat lembut dengan gerakan melingkar. Setelah itu, bilas rambut Anda dengan sampo dan kondisioner yang bebas bahan kimia. Terapkan ramuan ini dua sampai tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Hilangkan Plak Gigi dan Lancarkan Pencernaan

Kandungan minyak dalam jumlah tinggi yang ada pada biji wijen menjadi makanan sehat yang bisa membantu dalam menghilangkan plak gigi serta meningkatkan kesehatan mulut. Selain itu, biji wijen juga berguna dalam meningkatkan kesehatan pencernaan dengan menyembuhkan sembelit.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini