Menengok Pakaian Renang Jadul dan Tertutup di Era 1920-an

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Rabu 17 Januari 2018 08:28 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 17 194 1846105 menengok-pakaian-renang-jadul-dan-tertutup-di-era-1920-an-gCPzZZCYTc.jpg Busana Renang Tahun 1920-an (Foto: Dailymail)

BICARA perihal pakaian renang memang tak bisa jauh dari kesan seksi. Namun, sebelum muncul pakaian renang yang seksi, tahukah Anda bila pada zaman dulu para wanita menggunakan pakaian tertutup saat ke pantai atau berenang?

Ya, hal ini terungkap dari kontes pakaian renang yang kerap disertakan dalam ajang Miss Amerika. Saat kontes pakaian renang dimulai pada tahun 1920-an, hampir semua wanita menggunakan pakaian konservatif atau cenderung tertutup. Seperti apakah?

Terbuat dari material tebal berupa wool, pakaian renang pada 1920-an menyentuh bagian paha atas. Bahkan, tak sedikit model pakaian renang pada zaman itu terlihat seperti dress berpotongan pendek lantaran tampak tertutup. Meski tak lagi menggunakan stocking, namun pakaian renang di era itu masih menutupi bagian dada dan hanya terbuka pada bagian lengan dan kaki.

 Miss Anna Neibel holds her trophy after winning a bathing suit competition on the beach 

Pada 1930-an, pakaian renang mulai terlihat lebih terbuka. Di mana para wanita, mulai menggunakan pakaian renang ketat dan cenderung pendek. Bagian atas semakin terbuka, menunjukkan pundak dan bagian dada wanita. Begitu pula dengan bagian bawahnya yang hampir memperlihatkan pangkal paha.

 These women proudly smile after winning a beauty contest at Washington Bathing Beach in 1922 

Saat itu, meski modelnya tampak sederhana dan tertutup, nyatanya banyak komentar atau kritikan yang dilayangkan pada acara tersebut. Mereka menganggap acara kontes pakaian renang dalam ajang Miss Amerika bersifat cabul.

Akibat protes tersebut, kontes kecantikan tak lagi diselenggarakan selama beberapa tahun, khususnya hingga tahun 1930-an. Pemenang kontes pakaian renang dalam ajang kecantikan yang diberi mahkota hanya bertahan hingga tahun 1947.

Sejak saat itu, acara kontes pakaian renang bikini dilarang hingga tahun 1997. Ketika larangan dicabut, di situlah mulai muncul model pakaian renang yang tergolong seksi dan tak menggunakan model one-piece.

Model pakaian renang semakin terbuka dan mengarah ke bikini, sebutan untuk pakaian dalam dan bra saja, seperti yang dikenal saat ini. Demikian seperti dilansir Dailymail, Rabu (17/1/2018).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini