nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Masalah Kecemburuan Berlebih? Ubah Sifat Negatif Itu dengan 5 Hal Positif Ini, Dijamin Bikin Happy!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 17 Januari 2018 20:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 17 196 1846411 punya-masalah-kecemburuan-berlebih-ubah-sifat-negatif-itu-dengan-5-hal-positif-ini-dijamin-bikin-happy-ijt0yF9EuK.jpg ilustrasi (Foto: Bustle)

SEMUA orang pasti setuju kalau sifat iri atau cemburu adalah sesuatu yang tidak boleh dimiliki setiap orang. Itu adalah sifat negatif yang malah akan membuat Anda terlalu menekan diri Anda dan berdampak buruk bagi psikis Anda. Curigaan saja bawaannya!

Sebetulnya, mungkin sifat iri itu wajar. Itu muncul karena Anda merasa ada hal yang lebih baik dari apa yang telah Anda miliki. Lalu, anggapan bahwa rumput tetangga lebih hijau juga masih banyak dipercaya sebagian orang.

Nah, kalau Anda masih memiliki sifat itu dan merasa itu adalah sifat yang sangat sulit untuk dihilangkan, tidak ada salahnya untuk mengubah keirian itu menjadi sesuatu yang lebih positif. Ya, sifat iri itu bisa Anda manfaatkan menjadi sesuatu yang malah menguntungkan diri Anda dan yang pastinya membuat Anda lebih bahagia.

BACA JUGA:

Baru Jadian Jangan Terlalu Sering Pacaran, Ini Alasannya Menurut Pakar

Biaya Photoshoot Seharga Rp3,3 Juta, tapi Keluarga Ini Dapatkan Hasil Foto yang Bikin Geleng-Geleng Kepala!

Dikutip dari Bustle, Rabu (17/1/2018), berikut 5 langkah sederhana mengubah iri menjadi sesuatu yang lebih positif

Jadikan kelebihan orang yang Anda cemburui mejadi kekuatan Anda

Tidak ada salahnya belajar dari kehidupan seseorang. Mungkin Anda memiliki satu orang yang dianggap sangat berkarisma atau sepertinya dia disukai banyak orang. Nah, kalau tahu itu, maka curi-curi nilai kehidupan dari orang tersebut bisa Anda terapkan. Intinya untuk berkembang ke arah yang lebih baik.

Hampir sama dengan poin pertama

Namun, penekanan yang mesti Anda perhatikan di sini adalah dengan mengetahui kelebihan atau kekuatan dari orang yang rasanya selalu mendapat attention lebih atau selalu mendapat pujian, Anda bisa belajar bersama dengannya untuk setidaknya bisa merasakan juga bagaimana menjadi orang tersebut. Ingat, ini konotasinya tetap positif, ya.

Alih-alih menghindari orang yang Anda cemburui,

Kenapa tidak Anda mengenalnya lebih jauh? Minta atau ajak orang tersebut menjadi teman atau mentor Anda yang paling inspiratif. Dan cara yang tepat untuk memulai ini adalah memberinya pujian tentang hal yang memang Anda irikan. Dengan mengenali subjek yang Anda irikan, maka Anda juga akan tersadar bahwa tidak selamanya orang lain yang lebih jago daripada Anda.

Poin penting

Dengan sifat cemburu, sebetulnya bisa membuat Anda lebih tertantang untuk menemukan sifat diri yang lain dan itu hal yang positif. Alih-alih Anda berlaku jahat pada orang yang Anda irikan, kenapa tidak Anda menambah skil supaya lebih baik dari padanya. Jadikan dia rival yang jujur dan menyenangkan. Setidaknya Anda dan dia sama-sama berada di jalur yang benar dan menuju goals yang sama dengan cara yang seru.

BACA JUGA:

Menengok Pakaian Renang Jadul dan Tertutup di Era 1920-an

Sedih! Bayi Perempuan Ini Punya Masalah Kesehatan Langka, Sang Ibu Memotretnya dan Kini Viral karena Dibully

 kuasai kemampuan diri

Cemburu bukan hanya sikap bagaimana Anda ingin terlihat lebih daripada orang lain. Jika Anda menyadari bahwa sikap iri itu mengenali diri Anda lebih dalam. Apa yang belum Anda miliki dan apa yang Anda kuasai. Semua itu tergantung dari bagaimana Anda menilai diri sendiri. Anda patut bangga dengan apa yang telah Anda miliki sekarang dan jangan ragu juga untuk meningkatkan kemampuan itu.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini