nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengulik Ragam Asinan Kekinian yang Digandrungi Para Foodies

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 17 Januari 2018 19:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 17 298 1846426 mengulik-ragam-asinan-kekinian-yang-digandrungi-para-foodies-OhoNSgjK5o.jpg Asinan kekinian (Foto: anakjajan/Instagram)

MESKI termasuk dalam kategori makanan tradisional, popularitas asinan ternyata semakin meningkat setelah kemunculan aneka kreasi asinan kekinian. Anda mungkin masih ingat dengan asinan rambutan yang sempat viral di tengah-tengah pencinta kuliner nusantara.

Kudapan ini memang terbilang unik, mengingat bahan baku yang digunakan termasuk jenis buah-buahan yang sebetulnya sering disantap secara langsung. Namun beberapa waktu lalu, asinan tersebut sempat menyita perhatian para pencinta kuliner, karena proses pembuatannya yang sangat praktis.

Untuk membuat asinan rambutan, Anda hanya perlu mencampurkan potongan rambutan bersama cabai, irisan jeruk limo, gula, garam, asam, dan madu. Kemudian aduk hingga rata. Dari tampilannya, sudah terbayang perpaduan cita rasa manis, gurih, pedas, dan juga sensasi segarnya.

 (Baca Juga: Di Balik Kecantikannya, Megan Fox dan Catherine Zeta Jones Punya Kebiasaan Jorok)

Sebelum membahas lebih lanjut tentang asinan kekinian, tidak ada salahnya kita mengetahui terlebih dahulu definisi serta jenis-jenis asinan yang ada di Indonesia. Berdasarkan data yang dihimpun Okezone, asinan merupakan sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran atau melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka.

Bahan yang digunakan biasanya terdiri dari beberapa jenis sayuran dan buah-buahan. Istilah asin sendiri mengacu pada proses pengawetan dan perendaman bahan-bahan tersebut. Sekilas, kudapan ini sangat mirip dengan rujak. Perbedaannya hanya terletak pada proses penyajian. Rujak cenderung disajikan dalam keadaan segar, sedangkan bahan asinan sudah melalui proses pengasaman.

Variasi asinan pun cukup beragam. Masyarakat betawi memiliki resep khusus untuk membuat hidangan lezat ini. Mereka cenderung menggunakan beberapa jenis sayuran seperti sawi, kubis, tauge, dan selada, lalu disajikan dengan bumbu kacang yang telah dicampurkan cuka, dan cabai. Tidak hanya itu, pada bagian topping akan ditaburi kacang goreng, kerupuk, dan irisan tahu goreng.

Berbeda dengan asinan betawi, asinan Bogor umumnya terbuat dari buah-buahan tropis yang diasinkan seperti mangga muda, jambu air, pepaya, kedondong, bengkoang, dan nanas. Bahan-bahan tersebut disajikan dalam kuah cuka yang memiliki cita rasa asam, manis, dan pedas yang sangat khas.

 (Baca Juga: Chef Terkenal Ungkap 7 Kesalahan Terbesar saat Santap Kuliner Jepang)

Saat ini, para pencinta kuliner Nusantara tengah menggandrungi olahan asinan kekinian. Disebut kekinian karena resep dan bahan dasar yang digunakan telah dimodifikasi sesuai dengan gaya hidup sehat yang sedang nge-tren di kalangan kaum urban, khususnya di Ibu Kota Jakarta.

Asinan mangga dan stroberi

 

Dalam sebuah foto yang diunggah oleh akun Instagram, @anakjajan, terlihat jelas dua mangkuk asinan yang berisi potongan lengkeng, stroberi, anggur, mangga, dan irisan jeruk. Untuk memperlezat cita rasanya, diberikan pula irisan cabai merah dan pala pada toppingnya.

Asinan saus nanas

 

Tidak mau kalah, akun Instagram @88annachou juga mengunggah foto kreasi asinan kekinian hasil olahannya. Dilihat dari tampilannya, kudapan ini diolah menggunakan beberapa jenis buah-buahan segar seperti stroberi, nanas, anggur, jeruk, dan plum. Sudah kebayangkan seperti apa kesegarannya ketika beradu di mulut?

  (Baca Juga: Minum Wine Serasa bak Diteror Zombie "The Walking Dead")

Asinan apel dan pir

 

Terakhir, Anda mungkin akan sedikit terkejut ketika melihat kreasi asinan kekinian yang diunggah oleh akun Instagram @asinan_ninja. Olahan asinan ini terbuat dari campuran buah-buah segar seperti apel, pear, jeruk sunkist, jeruk limo, dan lengkeng. Tak ketinggalan irisan cabai merah untuk menambah sensasi pedasnya. Bagaimana? Tertarik untuk mencicipi asinan kekinian tersebut? Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, Anda bisa memesannya melalui aplikasi pengiriman makanan online atau via online shop.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini