nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makanan Mematikan Dijual di Pasaran, Pejabat Jepang Keluarkan Peringatan Darurat

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 18 Januari 2018 05:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 17 298 1846427 makanan-mematikan-dijual-di-pasaran-pejabat-jepang-keluarkan-peringatan-darurat-DCp7nod0CY.jpg Ikan fugu (Foto: Foxnews)

SUDAH menjadi hak dari setiap warga negara untuk dilindungi oleh pemerintah negaranya. Maka dari itu, menjadi hal wajib untuk dilakukan oleh pihak pemerintah untuk segera melindungi rakyatnya jika ada indikasi terjadi sebuah bahaya.

Inilah yang dilakukan oleh pemerintah Jepang terkait adanya kehadiran blowfish atau yang juga dikenal dengan sebutan ikan fugu beredar di pasaran.

Sebagaimana diwarta Foxnews, Kamis (18/1/2018) baru-baru ini sebuah kesalahan yang berpotensi mematikan telah membuat pejabat di kota Jepang mendesak warganya untuk menghindari makan blowfish alias ikan buntal.

Lebih lanjut diketahui, seperti laporan Japanese Times, para pihak pejabat di Gamagori, tepatnya di Prefektur Aichi, sepanjang garis pantai Jepang tengah, memperingatkan warga untuk membuang fugu, yang dikenal sebagai blowfish atau ikan buntal yang dibeli di supermarket lokal setelah bagian-bagian ikan yang mengandung racun mematikan itu dijual di supermarket setempat.

Lima paket yakni hati ikan, dengan kandungan racun tetrodotoxin yang berpotensi mematikan, masih dijual di supermarket. Dari lima, ada tiga buah paket yang telah ditemukan, namun sisanya masih hilang. Diketahui bahkan, pejabat setempat menyiarkan peringatan tersebut melalui pengeras suara kota.

"Kami menghimbau agar warga menghindari makan fugu," bunyi peringatan yang disiarkan pejabat setempat, Koji Takayanagi melalui sistem wireless gawat darurat Gamagori.

Dalam peringatan yang disiarkan juga diberitahukan betapa bahayanya memakan hati fugu alias ikan buntal tersebut. Sebab, mengonsumsi hati fugu bisa melumpuhkan saraf motorik, bahkan dalam kasus yang lebih serius bisa menyerang pernafasan yang menyebabkan kematian. Di negara Matahari Terbit ini, disebutkan setiap tahun ada beberapa orang yang terbunuh akibat keracunan blowfish, ditambah dengan puluhan orang juga mengalami efek samping lainnya.

Sementara itu, blowfish sendiri diketahui adalah salah satu makanan lezat musim dingin yang disajikan di Jepang yang juga merupakan ikan termahal yang dijual di Jepang dan sering dimakan dengan gaya sashimi atau di hot pot.

Namun, menurut Japan Times mengingat kulit ikan, usus, ovarium dan hati semuanya mengandung racun yang bisa membunuh orang jika tidak dipersiapkan dengan benar. Maka dari itu, dalam menyajikannya para koki juga membutuhkan izin khusus untuk menyiapkan dan menyajikan ikan ini di restoran.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini